Siapkan Peralatan dan Sarana Ini Untuk Memulai Budidaya Unggas Petelur

Kamis, 30 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Unggas Petelur (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Untuk membangun peternakan, Sobat LinkUMKM perlu menyiapkan berbagai sarana dan peralatan yang memadai untuk menunjang aktivitas peternakan. Seperti halnya pada peternakan yang lain, peternakan unggas petelur juga harus disediakan sarana dan peralatan. Hal tersebut penting disiapkan pada industri peternakan unggas petelur. Pada peternakan unggas petelur ini berkaitan dengan cara memelihara unggas yang baik untuk dapat menghasilkan telur yang berkualitas untuk dikonsumsi.

Unggas yang dirawat secara khusus untuk menjaga dan meningkatkan produktivitas telur yang dihasilkan. Melansir dari Kumparan.com sarana dan peralatan budidaya unggas petelur yang diperlukan:

1. Kandang

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk unggas petelur adalah kandang. Kandang unggas petelur menjadi tempat tinggal utama. Kandang bagi unggas petelur harus dibuat dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti perlindungan, keamanan, dan kondisi yang sesuai untuk unggas petelur hidup.

2. Perlengkapan pakan dan air

Setelah memiliki kandang, yaitu perlengkapan pakan dan air. Peralatan ini dipergunakan untuk menyimpan makanan, wadah tempat pakan, dan sistem penyediaan air bersih. Perhatikan pakan dan air karena dua hal tersebut penting untuk mendukung produksi telur yang berkualitas.

3. Sarana pencahayaan

Pada kandang unggas petelur juga perlu diperhatikan pencahayaannya. Pencahayaan yang tepat dapat merangsang produksi telur. Sobat LinkUMKM dapat menggunakan lampu atau sistem pencahayaan otomatis yang digunakan untuk mengontrol lamanya cahaya yang diterima unggas.

4. Ventilasi udara

Aliran udara selanjutnya yang perlu diperhatikan. Buatlah ventilasi udara yang baik untuk menjaga suhu kandang stabil dan kualitas udara baik bagi unggas petelur. Dengan adanya ventilasi udara yang baik dapat membantu mengurangi tingkat stres panas yang dirasakan unggas dan menjaga udara tetap segar. Ventilasi udara yang baik juga dapat mengurangi bau yang disebabkan oleh kotoran unggas petelur.

5. Peralatan pengontrol suhu

Sobat LinkUMKM juga perlu peralatan yang mendukung dalam menjaga suhu kandang unggas petelur tetap stabil. Memasang sistem pemanas dan pendingin ini berfungsi sebagai pengatur suhu ketika cuaca diluar sedang ekstrim.

6. Sarana sanitasi

Sarana sanitasi juga perlu disiapkan, alat untuk membersihkan dan mendesinfeksi kandang penting dipakai. Misalnya menggunakan penggerak sampah dan alat untuk membersihkan kotoran unggas petelur.

7. Sarana untuk pemantauan dan Pengendalian

Sarana ini mencakup sistem pemantauan suhu, kelembaban, serta kualitas udara dan alat untuk mengatur pencahayaan.

8. Sarana untuk pemeliharaan telur

Ketika sudah memproduksi telur, jangan simpan telur sembarangan. Diperlukan pemeliharaan telur yang tepat untuk penetasan. Menyediakan alat seperti mesin penjernih telur, conveyor telur, dan karton telur yang digunakan untuk mengelola dan mempermudah proses pendistribusian telur.

9. Peralatan keamanan

Peralatan keamanan juga jangan sampai terlewat. Peralatan seperti sistem keamanan dan peralatan yang menunjang keamanan harus disiapkan untuk melindungi telur dari serangan hewan liar atau pencurian yang mungkin saja terjadi.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1589 seconds