Banyaknya Jenis Ayam di Indonesia

Sabtu, 25 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Ayam Cemani (Tempo.co)

LINK UMKM -  Selain kekayaan floranya, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan faunanya. Salah satunya adalah keanekaragaman jenis ayam. Lebih dari 1 jenis ayam berada di Indonesia. Kondisi alam yang asri dan terjaga membuat ayam tinggal dapat hidup dengan nyaman. Iklim Indonesia juga menjadi salah satu pendukung banyaknya ragam jenis ayam. Melasir dari Tempo.co 10 jenis ayam yang ada di Indonesia, seperti:

- Ayam serama

jenis ayan ini berasal dari negeri jiran, penggemarnya juga cukup banyak di Indonesia. Ayam ini memiliki tubuh yang lebih kecil dari ayam kate yang beratnya saha hanya sekitar 8 ons atau 1 kilogram. Bukan cuma unik karena memiliki ukuran tubuh kecil, tapi juga bentuk tubuh yang unik membentuk huruf “S” yang membuat ayam serama terlihat menggemaskan.

- Ayam sumatra

Dari namanya saja Sobat LinkUMKM pasti sudah tau asal ayam tersebut. Berasal dari Sumatera Barat, ayam ini memiliki postur tubuh yang tegap dan terkesan gagah. Memiliki ukuran yang cenderung kecil, tapi gagah menjadi daya watik sendiri. Tidak heran banyak orang yang menjadikan ayam Sumatera menjadi hewan peliharaan di rumah.

- Ayam cemani

Ayam jenis ini sangatlah unik karena memiliki warna hitam pekat pada seluruh tubuhnya. Ayam cemani berasal dari daerah Magelang dan Temanggung, Jawa Tengah. Terdapat fakta menarik yaitu ayam cemani dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit bila dikonsumsi. Sehingga banyak masyarakat Indonesia yang mencari ayam cemani.

- Ayam hutan kelabu

Ayam endemik yang biasa ditemui di hutan tropis India Tengah, Barat dan Selatan ini memiliki panjang tubuh sekitar 38 cm. Tubuh ayam jantan yang berwarna abu pada bagian tengkuk leher menjadi ciri khasnya.

- Ayam kate

Ayam dengan ukuran kecil dan kaki pendek ini sering dijadikan hewan peliharaan. Karena keunikannya tersebut ayam kate menjadi ayam paling populer di Indonesia. Ada berbagai macam jenis ayam kate mulai dari ayam kate bangkok, emas, kakli pedang dan masih banyak lag.

- Ayam hutan hijau

Ayam ini memiliki warna tubuh yang indah dengan warna kastanye hitam dan hijau mengkilap dan ujungnye kekuningan jadi daya tarik tersendiri. Ekor ayam hutan hijau juga panjang berwarna hitam, dan suara nya seperti burung gagak.

- Ayam bekisar

Ayam ini menjadi kebangaan maysarakat Jawa Timur. Berasal dari pulau Kangean, Kabupaten Sumenep ayam bekisar menjadi hewan khas. Ayam bekisar adalah hasil kawin pencampuran ayam betina dengan ayam hutan hijau. Terdapat perpedaan khusus yang membedakan dari ayam jenis lain, yaitu bentuk bulu leher yang ujungnya bulat atau lonjong.

- Ayam hutan merah

Ayam hutan memiliki lima subspesies yang dua diantaranya ada di Indonesia tepatnya Gallus-gallus di Sumatera dan Sulawesi serta Gallus-gallus Bankiva di pulau Jawa dan Madura.

- Ayam gaok

Ayam gaok memiliki suara yang mirip seperti gagak yang cukup panjang seperti ayam pelung, Berasal dari Pulau Puteran, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Memiliki fisik tubuh jantang yang tegap, besar dan gagah serta ukutan jengger dan pialnya besar berwarna merah.

- Ayam pelung 

Ayam pelung biasa dijadikan hewan peliharaan dirumah karena unik dan cantik. Ayam ini adalah ayam asli yang berkembang di daerah Cianjur, Jawa Barat.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1955 seconds