Mau Tau Cara Berkomunikasi Yang Baik dan Sopan

Kamis, 23 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Berkomunikasi (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Pada saat berkomunikasi Sobat LinkUMKM perlu berbicara dengan baik dan sopan untuk memperlancar komunikasi. Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan diri adalah dengan komunikasi. Dengan demikian, dibutuhkan teknik komunikasi yang baik dan tentunya sopan. Ketika berkomunikasi, lawan bicara juga akan menilai diri orang yang berbicara. Apabila cara berkomunikasi tidak menggunakan etika dan sopan santun, maka akan muncul pikiran negatif dari penilaian orang lain yang menjadi lawan bicara Sobat LinkUMKM. Tips ini bisa dicoba untuk mengasah dan menumbuhkan skill komunikasi yang baik dan sopan dilansir dari Kumparan.com:

- Bersikap ramah dalam berbicara

Tips pertama ketika Sobat LinkUMKM berkomunikasi dengan orang lain adalah ramah. Ini penting untuk diperhatikan ketika berbicara. Apabila menunjukkan sikap yang ramah kepada lawan bicara, maka akan memberikan kesan yang positif sekaligus nyaman kepada lawan bicara.

Selain itu akan menghilangkan rasa canggung perlahan lahan saat ramah berkomunikasi dengan lawan bicara. Hal ini sangat mendukung terlebih lawan bicara adalah orang yang baru dikenal.

- Memperhatikan tutur bahasa

Bukan hanya ramah saat berkomunikasi. Perhatikan juga tutur bahasa yang digunakan ketika mau berbicara sesuatu. Hindari juga hal-hal yang tidak diinginkan, menjaga tutur kata dapat menggambarkan orang tersebut bersikap profesional.

- Berbicara dengan jelas dan tidak berbelit

Jelas dan tidak berbelit ketika berbicara untuk menghindari kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Sampaikan maksud dengan singkat, padat dan jelas, jangan bertele-tele sebab nanti maksud yang di ingin disampaikan tidak dapat diterima jelas oleh lawan bicara.

Bicaralah yang efektif dengan menyampaikan kata-kata dengan jelas.

- Menjadi seorang pendengar yang baik

Berkomunikasi bukan cuma Sobat LinkUMKM yang menjadi pembicara, tapi juga menjadi pendengar yang baik saat lawan bicara sedang berbicara sesuatu,

Jangan memotong pembicaraan orang yang sedang berbicara, pastikan lawan bicara benar-benar sudah selesai menyampaikan pendapatnya. Dengan begitu lawan bicara akan merasa dihargai dan menciptakan kondisi yang nyaman ketika berkomunikasi. 

- Memahami gaya komunikasi

Gaya komunikasi ketika berbicara juga jadi poin penting. Sobat LinkUMKM perlu memperhatikan situasi dan kondisi, apakah harus berbicara formal, semi-formal atau non-formal. Dengan memahami kondisi tersebut akan membantu membuat pembicaraan menjadi lebih nyambung dengan lawan bicara.

Sobat LinkUMKM dapat menerapkan cara-cara tersebut ketika berkomunikasi dengan orang lain. Perlu diingat berkomunikasi menjadi salah satu cara untuk berkembang, sekaligus mendapatkan tambahan informasi dan wawasan yang luas dari lawan bicara. Manfaatkan komunikasi yang efektif dan efisien ketika Sobat LinkUMKM mulai berbicara dan menjadi pendengar yang baik dengan tidak memotong lawan bicara yang sedang menyampaikan pendapat. Semoga membantu…

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1446 seconds