Inseminasi Buatan Pada Peternakan

Minggu, 19 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Inseminasi Buatan (Kompas.com)

LINK UMKM -  Teknologi yang pesat yang terjadi mempengaruhi banyak sekali sektor tidak terkecuali sektor peternakan. Pada sektor peternakan teknologi sudah mengambil peranan penting dalam kegiatan peternakan mulai dari pemberian pakan hingga perawatan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Inseminasi buatan adalah jenis dari bioteknologi yang digunakan pada bidang peternakan sebagai teknik reproduksi. Inseminasi buatan pada memperbaiki genetik hewan ternak, mencegah penyakit menular dan lainnya. Tidak semua hewan ternak dapat melakukan inseminasi buatan, contoh hewan ternak yang dapat melakukan inseminasi buatan seperti domba dan sapi. Banyak sekali kelebihan dari penggunaan inseminasi buatan pada hewan ternak antara lain dilansir dari Kompas.com:

- Meningkatkan kualitas genetik

Dengan melakukan inseminasi buatan keturunan yang dihasilkan akan meningkatkan  memiliki kualitas dan jumlah yang banyak. Hal tersebut karena kualitas genetik yang dipilih dalam inseminasi buatan berasal dari pejantan unggul yang telah melalui proses seleksi. Hewan ternak pejantan yang diseleksi telah memiliki kualitas genetik yang baik. Ciri-ciri dari pejantan unggul adalah tidak ada kelainan fisik, kemampuan reproduksi tinggi, dan bebas dari penyakit.

Karena kualitas dari pejantan yang baik, keturunan yang dihasilkan juga memiliki genetik bawaan yang unggul dari indukannya.

- Mencegah penyebaran penyakit menular

Mencegah penyebaran penyakit pada keturunannya. Penyakit menular pada disebarkan hewan ternak pada proses perkawinan. Dengan pemilihan indukan inseminasi buatan, kualitas pejantan sudah dipastikan sehat dan terbebas dari penyakit menular, dengan hal tersebut memungkinkan anak yang dihasilkan akan sehat juga.

- Biaya yang lebih murah

Dalam peternakan terdapat biaya pemeliharaan sapi jantan, hal tersebut cukup untuk menaikkan biaya peternakan. Adanya inseminasi buatan, tidak memerlukan banyak sekali indukan jantan, memaksimalkan reproduksi jantan bahkan indukan hewan ternak yang sudah tua. Cara tersebut tentu akan lebih murah untuk biaya pemeliharaan. Dan juga pejantan yang unggul akan dirawat karena memiliki reproduksi yang baik.

- Mengontrol dan meningkatkan angka kelahiran

Inseminasi buatan dapat mengontrol kelahiran sekaligus meningkatkan angka kelahiran hewan ternak. Karena inseminasi buatan dilakukan dengan bantuan manusia, sehingga tidak akan terpantau angka kelahiran dari hewan ternak sendiri. Dengan demikian, inseminasi buatan akan memungkinkan manusia mengatur dan meningkatkan jumlah kelahiran hewan ternak yang dapat menguntungkan peternakan nantinya.

- Mencegah kecelakaan pada hewan ternak

Karena dibantu dengan manusia dalam melakukan inseminasi buatan, tidak terjadinya kontak langsung antara indukan jantan dan betina sehingga akan menghindari terjadinya kecelakaan yang disebabkan karena perbedaan ukuran ukuran indukan ketika proses perkawinan terjadi.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1476 seconds