Hal-Hal Yang Dapat Mempengaruhi Permintaan Produk

Senin, 13 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Permintaan (Tempo.co)

LINK UMKM -  Pada kegiatan bisnis terdapat permintaan serta penawaran pada setiap transaksi. Permintaan atau demand adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada situasi dan harga tertentu. Terdapat hukum permintaan yang mengatakan ketika harga produk mengalami kenaikan, maka jumlah permintaan atas barang tersebut akan mengalami penurunan. Sementara, jika harga produk mengalami penurunan, maka jumlah permintaan atas barang tersebut akan mengalami kenaikan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu barang, melansir dari Tempo.co antara lain:

1. Harga barang atau jasa itu sendiri

Harga dari barang itu sendiri dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya permintaan. Tentu ketika seorang konsumen membeli suatu barang atau jasa, akan mempertimbangkan dahulu sebelum melakukan transaksi. Konsumen ada membandingkan antara satu harga produk dengan harga produk lain yang memiliki merek berbeda.

Sama seperti hukum permintaan yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika harga naik, permintaan akan menurun. Sementara ketika harga turun, permintaan akan meningkat.

2. Pendapatan konsumen

Ketika melakukan konsumen melakukan transaksi untuk membeli suatu produk pasti membayar menggunakan uang. Sehingga faktor selanjutnya yang mempengaruhi permintaan produk adalah pendapatan dari konsumen. Jika memiliki pendapatan yang diatas rata-rata, permintaan atas suatu produk juga akan meningkat. Sedangkan, apabila memiliki pendapatan yang dibawah rata-rata, maka akan mempengaruhi konsumen tersebut membeli suatu barang, dengan demikian ikut mempengaruhi permintaan produk yang menurun. Sehingga besar kecilnya dari suatu pendapatan dapat mempengaruhi tindakan konsumen membeli suatu produk. Konsumen akan mempertimbangkan kegunaan dan harga produk tersebut sebelum melakukan pembelian.

3. Harga barang lain yang terkait

Terdapat barang lain yang dapat dijadikan pengganti (substitusi) atau barang pelengkap (komplementer) yang ikut mempengaruhi permintaan produk dari konsumen. Misalnya, untuk barang substitusi apabila harga jagung meningkat maka permintaan akan menurun, dan membuat harga barang penggantinya yaitu singkong dapat mengalami kenaikan. Sementara untuk barang komplementer, apabila harga kopi mengalami kenaikan maka permintaan akan gula bisa ikut menurun bersamaan karena gula adalah pelengkap untuk kopi.

4. Selera konsumen

Selera dari konsumen pula dapat menjadi pengaruh dalam permintaan. Selera dan permintaan memiliki keterkaitan yang dimana jika selera akan produk tersebut meningkat maka permintaan akan barang tersebut juga akan meningkat.

5. Jumlah penduduk

Jumlah dari penduduk akan permintaan juga akan berpengaruh. Banyaknya penduduk pada suatu daerah dapat menaikkan permintaan akan suatu barang, begitu sebaliknya.

6. Prediksi di masa mendatang

Terakhir adalah prediksi pada masa mendatang. Apabila diperkirakan harga dari suatu barang akan naik di masa depan, maka akan membuat konsumen membeli produk tersebut sebelum barang tersebut mengalami kenaikan harga.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1353 seconds