Kambing Etawa Penghasil Susu

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kambing Etawa (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang dirawat untuk diambil dagingnya. Namun ada jenis kambing yang dirawat untuk diperah dan susunya, yaitu kambing etawa. Melansir dari Kumparan.com Kambing etawa adalah kambing yang berasal dari India, tepatnya di wilayah Jamnapari. Yang membedakan kambing etawa dengan kambing yang lain adalah bentuk telinga yang panjang dan menggantung serta tubuhnya yang besar. 

Seperti kambing pada umumnya perawatan kambing etawa sama seperti hewan ternak lainnya. Hal tersebut membuat banyak yang tertarik untuk beternak kambing etawa. Tidak seperti kambing biasanya yang hanya dimanfaatkan dagingnya saja, kambing etawa terkenal sebagai penghasil susu. 

Sudah tidak mengherankan susu kambing etawa laris manis dipasaran, pasalnya rasanya yang nikmat dan kandungan manfaat bagi tubuh. Mulai dari vitamin, mineral, elektrolit, kalsium, asam lemak dan nutrisi baik lainnya terkandung dalam susu kambing etawa. Sehingga susu yang dihasilkan oleh kambing etawa sangat bermanfaat untuk Sobat LinkUMKM tentunya. Manfaat susu etawa diantaranya dapat mencegah anemia, pengeroposan tulang, memperkuat antibodi, menjaga pencernaan dan sebagainya.

Melihat prospek yang sangat baik, permintaan kambing etawa sebagai penghasil daging dan penghasil susu. Peluang terbuka lebar untuk Sobat LinkUMKM mencoba peternakan kambing etawa, terlebih jika sekarang telah menjadi Sobat LinkUMKM seorang peternak. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk Sobat LinkUMKM bisa memulai ternak kambing etawa. Informasi yang mendukung ternak etawa sudah banyak dan mudah diperoleh sekarang ini. Semoga bermanfaat ya….

***

LMP/PTH

Komentar (1)

  • Indra Graha Adiputra

    14 Oktober 2023 | 10:33:25 WIB

    Gimana caranya supaya harga susu kambing etawa setara susu sapi

    11 bulan lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1482 seconds