Sukses Miliki Burung Puyuh

Jumat, 13 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Burung Puyuh (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Jenis unggas satu ini memiliki tubuh yang kecil dan bulat, serta memiliki motif yang unik pada tubuh dan telurnya. Yap betul, unggas tersebut adalah burung puyuh. Selain dikonsumsi telurnya, daging burung puyuh pun sering diolah menjadi berbagai masakan. Peluang budidayanya sangat cerah, mengingat permintaan akan daging dan telurnya cukup tinggi di pasar. Tak heran banyak orang mencoba untuk membudidayakan burung puyuh. Burung puyuh dapat berkembang dengan cepat serta dapat menghasilkan telur setiap hari. Agar burung puyuh sehat dan cepat bertelur Sobat LinkUMKM perlu perhatikan asupan pakan yang baik. Dilansir dari Kumparan.com berikut jenis-jenis makanan burung puyuh yang direkomendasikan:

- Jagung

Jagung memiliki kandungan nutrisi yang baik sebagai pakan. Kandungan karbohidrat pada jagung menjadi sumber energi untuk burung puyuh. Jagung akan dicampur dengan jenis pakan yang lain untuk menambah nutrisi dan gizi bagi burung puyuh.

- Dedak padi

Dedak padi menjadi rahasia di kalangan peternak karena kandungan nutrisi protein bagus untuk pertumbuhan ternak. Bekatul adalah sebutan lain yang terkenal dalam penamaan dedak padi. Namun, dedak padi tidak disarankan untuk burung puyuh muda sebab seratnya yang kasar menyulitkan puyuh muda mencernanya.

- Sorgum

Pengganti beras ini mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan jagung. Pilih sorgum yang tidak berwarna karena kandungan taninnya lebih rendah. Kandungan tanin ini yang menyebabkan protein menjadi sulit dicerna.

- Tepung tulang

Alternatif lainnya menjadi pakan puyuh yaitu tepung tulang, berasal dari sisa-sisa pemotongan hewan. Tulang direbus sampai lunak dan matang kemudian dikeringkan dan digiling hingga menjadi tepung. Fosfor dan kalsium baik bagi puyuh petelur. Meskipun begitu tepung tulang sifatnya adalah bahan tambahan, bukan pakan utama.

- Singkong

Siapa sangka singkong cocok untuk dijadikan pakan puyuh. Kandungan energi metabolisme singkong sama seperti jagung. Hindari jenis singkong yang pahit sebab mengandung anti nutrisi disebut sianogenik glukosa.

Banyak pakan alternatif yang bisa dijadikan pilihan dalam  budidaya burung puyuh. Yang terpenting bagi Sobat LinkUMKM dalam budidaya ini adalah memastikan asupan nutrisi dan gizi terpenuhi agar produksi telur dapat maksimal serta pertumbuhan burung puyuh tidak terganggu.

***

LMP/PTH

Komentar (1)

  • Risvico Wahyu Sukmawati

    13 Oktober 2023 | 14:43:42 WIB

    Informasinya bermanfaat

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1623 seconds