Explorasi Buah Lokal 5 Buah Asal Indonesia yang Mirip dengan Buah Buahan dari Luar Negeri

Jumat, 21 April 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Buah-Buahan (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Jika membahas keunikan Indonesia memang tidak ada habisnya. Dari sabang sampai merauke banyak sekali kekhasan dari masing-masing wilayah. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa menjadi faktor pendukung kesuburan tanah Indonesia. Bahkan ada syair lagu “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman” yang menggambarkan suburnya wilayah Indonesia.

Suburnya wilayah Indonesia menjadi keuntungan tersendiri, karena banyak sekali jenis tanaman yang tumbuh subur, dan bahkan ada beberapa jenis pohon buah unik dan mirip dengan buah yang ada di luar negeri tumbuh di wilayah Indonesia ini. Melansir dari Kumparan.com, 5 buah asli Indonesia yang mirip dengan buah luar negeri.

1. Gowok dan blueberry

Gowok buah asli Indonesia, yang sering dijumpai dengan beberapa daerah seperti Yogyakarta, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Punya tampilan berwarna ungu pekat kehitaman dan bentuknya bulat, membuat buah ini mirip dengan bluberi yang berasal dari benua Eropa dan Amerika Utara. Rasanya pun hampir mirip yaitu perpaduan asam dan manis.

2. Matoa dan lengkeng

Buah asli dari timur Indonesia, Papua. Rasa dan aroma dari buah matoa seringkali dikaitkan dengan buah durian. Tapi bentuk buah ini dinilai lebih mirip dengan lengkeng yang diketahui berasal dari daerah subtropis, seperti China.

3. Kerben dan stroberi

Memiliki ukuran yang sama-sama kecil, berwarna merah dan rasanya manis dan asam yang jadi kesamaan kerben dan stroberi. Buah stroberi ini berasal dari benua Amerika dan juga bisa berkembang didaerah yang mempunyai suhu dingin, sedangkan buah kerben adalah buah asli Indonesia yang berasal dari daerah Jambi atau Jawa Barat.

4. Keledang dan nangka

Mungkin Sobat LinkUMKM menyangka kalau buah nangka ini berasal dari Indonesia. Buah ini diyakini berasal dari India. Namun di Indonesia ada buah yang terlihat mirip yaitu Keledang.

5. Mundu dan kesemek

Kesemek adalah buah yang berasal dari China menyebar ke Jepang, Korea, dan berbagai negara lainnya. Sedangkan mundu adalah buah asli Indonesia yang sering ditemui di daerah Jawa dan Kalimantan. Dilihat mata kedua buah ini terlihat mirip dalam hal bentuk dan warna. Tapi, jika dilihat lebih detail buah mundu bentuknya lebih lonjong sedangkan kesemek bulat memanjang.

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1289 seconds