Ini Dia Rempah Pala Yakni Emas dari Indonesia

Kamis, 16 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Rempah Pala. (freepik/formatoriginal)

LINK UMKM -  Negara Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali memendam kekayaan alam yang luar biasa. Wilayahnya yang dikenal subuh serta makmur membuat negara Indonesia sangatlah kaya akan hasil buminya, salah satunya emas. Emas ini menjadi perebutan bangsa-bangsa lain dahulu kala. Berbagai bangsa rela melewati samudra yang luas untuk mendapatkan emas ini. Bukan cuma sembarang emas, emas ini berasal dari tumbuhan yaitu rempah pala.

Buah berwarna kekuningan bak emas jadi tujuan utama bangsa-bangsa lain datang ke Indonesia pada jaman dulu. Tanaman pala atau Myristica Fragrans merupakan tumbuhan pohon yang berasal dari Banda Maluku. Melansir dari id.wikipedia.org, pada pala ini terdapat 3 bagian yang memiliki nilai. Pertama, bagian biji dapat digunakan untuk rempah, bumbu masak minyak dan sebagainya. kedua, bunga pala sebagai bahan baku kosmetik. Terakhir, daging buah dapat diolah jadi makanan ataupun minuman.

Bukan tanpa alasan buah emas ini memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh, pala yang mengandung vitamin A, C, E, mangan, magnesium, tembaga, fosfor, zink, zat besi dan lain-lainnya. Dilansir dari kumparan.com, berikut sederet manfaat buah pala yang bisa diperoleh

  • Mengandung antioksidan

Menurut praktisi medis, buah pala mengandung antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas. Pala menyimpan banyak antioksidan, termasuk sianidin, fenilpropanoid, terpen, asam protokatekuat, dan lainnya. Antioksidan meliputi pencegahan terhadap kerusakan sel tubuh.

  • Bersifat anti bakteri

Pala terbukti efek antibakterinya terhadap strain bakteri yang berpotensi berbahaya. Misalnya, bakteri streptococcus mutans dan Aggregatibacter actinomycetemcomitans yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

  • Menjaga tekanan darah

Menurut para ahli, manfaat buah pala diperoleh berkat kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi serta mineral.

  • mengontrol gula darah

sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengobatan dengan menggunakan ekstrak pala dengan dosis yang efektif, secara signifikan mengurangi kadar gula darah yang meningkatkan fungsi pankreas.

  • Menyehatkan saluran cerna

Jika memiliki masalah pencernaan pala bisa jadi pilihan pengobatan rumahan. Caranya parut sejumput pala, lalu masukkan ke dalam sup atau semur. Menambahkan pala ke dalam masakan akan membantu dalam sekresi enzim pencernaan, sehingga membawa kelegaan.

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1374 seconds