Ikan Tambak Khas Dayak Bulusu

Rabu, 15 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Ikan. (freepik/roman_babakin)

LINK UMKM -  Sudah tidak mengherankan banyak sekali budaya yang ada di Indonesia, berkat banyaknya budaya di Indonesia ini menjadi keunggulan tersendiri. Mulai dari bahasa, kebiasaan, adat istiadat, dan sebagainya.

Dari sekian banyak kebiasaan, ada salah satu kebiasaan dari Dayak Bulusu untuk menyimpan makanan berupa ikan agar bertahan lebih lama yaitu “Ikan Tambak”. Berikut cara membuat ikan tambak khas dayak bulusu melansir dari kumparan.com, pertama ikan segar dibersihkan terlebih dahulu dulu lalu disayat-sayat. Setelah itu, ikan tersebut dicampurkan dengan garam dan nasi lalu disimpan di suhu ruang ini disebut tambak. Setelah itu didiamkan 2 minggu, ikan bisa langsung dimakan tanpa perlu dimasak. Rasa ikan tersebut nantinya akan terasa asin dan asam dengan aroma yang khas.

Makanan ini sudah ada sejak dahulu untuk menjadi salah satu cara masyarakat suku Dayak Bulusu untuk mengawetkan ikan, di zaman sekarang ini walaupun sudah hadir mesin pendingin, namun kuliner ini terus dilestarikan sampai sekarang karena telah jadi tradisi dan budaya dari nenek moyang.

Uniknya lagi ikan ini bisa langsung disantap dengan nasi hangat, sambal dan sayur singkong tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Menu ini kerap hadir di acara-acara resmi seperti pernikahan atau kedukaan di suku Dayak Bulusu, Kalimantan Utara.

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1536 seconds