Mendulang Rupiah dari Limbah Konveksi Kain Perca

Senin, 11 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kain Perca (Freepik)

LINK UMKM -  Sebagian orang menganggap kain perca sebagai sampah, namun karena adanya ide kreatif maka lahirlah yang namanya kerajinan kain perca yang sampai saat ini masih banyak sekali peminatnya. Kain perca merupakan salah satu limbah yang dihasilkan dari usaha konveksi. Biasanya banyak pengusaha konveksi yang membuang kain tersebut atau menjualnya dengan harga murah.

Kain merupakan bahan yang tidak bisa melebur dengan tanah sehingga sangat penting untuk mengolahnya menjadi produk daur ulang. Aneka peluang usaha kerajinan tangan dari kain perca pun bisa Anda coba lakukan untuk mendulang penghasilan melimpah. Bahkan secara langsung Anda turut dalam upaya pelestarian lingkungan berkat pemanfaatan limbah kain perca ini.

Jenis usaha untuk mengolah kain perca tergolong usaha rumahan. Bahan baku yang murah meriah ini bisa disulap menjadi barang dengan harga puluhan kali lipat dari bahan baku. Tentu saja kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam mengelola usaha kain perca ini.

Dilansir dari kompas.com Berikut ide kreasi kain perca yang bisa dijadikan suatu produk sehingga menghasilkan cuan yang melimpah.

  • Karpet Kain Perca

Meskipun karpet ini diletakkan di lantai, namun tidak ada salahnya mencari desain yang anti mainstream? karena ini juga menjadi salah satu interior rumah yang memiliki peran cukup penting. kerajinan karpet dengan bahan dasar kain perca ini juga cukup banyak dipasarkan, selain memiliki motif keren anti mainstream harganya juga mampu bersaing.

  • Bantal Kain Perca

Perpaduan berbagai motif dari kain perca tersebut jika disusun rapi maka akan menghasilkan sebuah kreasi yang sangat apik. Meskipun penggunaan kain perca ini dianggap memiliki kesan jadul, namun jika Anda pandai memilih motif maka akan menghasilkan karya yang tak kalah dengan benda modern.

  • Selimut Kain Perca

Selain dekorasi dinding, kerajinan kain perca ini juga bisa Anda gunakan pada selimut. Benda yang digunakan untuk menghangatkan tubuh pada saat tidur ini bisa di remake dengan menggunakan bahan kain perca.

  • Kerajinan Bandana Kain Perca

Sebuah bandana adalah jenis aksesoris yang biasanya digunakan oleh para wanita yang biasa dipakai pada bagian kepalanya. Untuk membuat kerajinan bandana tersebut, Anda dapat menggunakannya dengan bahan kain perca.

  • Tas Kain Perca

Kerajinan dari tas ini memiliki peluang bisnis yang terbilang sangat menguntungkan. Apalagi yang membutuhkan tas tidak hanya anaka sekolah saja namun dari semua kalangan tentunya sangat memerlukan tas.

  • Tutup Tudung Saji

Tutup tudung saji biasanya dibuat dari bahan rajutan atau dari kain tertentu. Anda bisa menggabungkan aneka potongan kain perca kemudian mengolahnya menjadi tutup tudung saji. Jika Anda bisa lebih kreatif, tutup tudung saji ini juga bisa dijual satu paket dengan tutup dispenser hingga penanak nasi.

  • Lap Dapur Aneka Bentuk

Kain perca yang tak terpakai pun bisa Anda sulap menjadi lap dapur aneka bentuk. Anda bisa melihat katalog internet untuk membuat berbagai bentuk lap dari kain perca ini. Untuk membuat lap dapur Anda bisa menggunakan jahitan tangan atau dengan mesin jahit mini. Biasanya lap dapur dijual sepaket sehingga bisa menaikan harga jualnya.

  • Aneka Bros Kain Perca

Selain dari kain flanel, kain perca juga bisa dijadikan bros aneka bentuk, harga jualnya cukup bervariasi. Memang diperlukan ketelatenan dalam membuat bros aneka bentuk ini. Kemasan yang menarik serta pemasaran yang tepat akan membuat permintaan akan bros dari kain perca ini semakin meningkat dan Anda bisa menjualnya dalam bentuk souvenir.

***

GN/FF

Komentar (3)

  • Anwar Mang AWAW Jahit

    26 Desember 2022 | 11:02:42 WIB

    Iya, sisa sisa kain masih bisa di manfaatkan, dibuang sayang.

    1 tahun lalu

  • sutiyah lami

    23 Desember 2022 | 15:50:26 WIB

    Betul ini, memanfaatkan limbah yang bisa mendatangkan cuan

    1 tahun lalu

  • zaza azzahra

    23 Desember 2022 | 10:10:18 WIB

    informasi yang menginspirasi

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1366 seconds