Rumah BUMN, Rumahnya Industri Kreatif

Jumat, 21 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Rumah BUMN (MediaBUMN.com)

LINK UMKM -  Ada yang pernah mendengar nama Rumah BUMN? Mungkin belum begitu familiar ditengah masyarakat luas, namun bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah sangat penting khususnya dalam 2 tahun terakhir ini. Rumah BUMN merupakan wadah bagi Langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM itu sendiri. Rumah BUMN akan diperankan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM.

Tujuan utama Rumah BUMN (RB) adalah membantu akses pemasaran UMKM di Indonesia melalui digital e-commerce. Selain itu guna meningkatkan kualitas UMKM dan diharapkan berdampak kepada kemajuan dan peningkatan usaha UMKM yang dapat menciptakan sebuah Digital Economy Ecosystem yang baik.

Pembentukan Rumah BUMN (RB) telah dimulai sejak tahun 2016, diawali dengan pembentukan Rumah Kreatif  BUMN atau RKB  dan  Bumi Flobamora mendapat kehormatan menjadi lokasi pertama pembangunannya.

RKB merupakan salah satu program inisiatif Kementerian BUMN untuk pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN pasal 2 Ayat (1) huruf e yang disebutkan bahwa salah satu maksud dan tujuan pendirian BUMN adalah turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

Perkembangan teknologi informasi yang cepat juga telah mengsinspirasi RKB untuk menjadi wadah dalam mewujudkan Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM. RKB akan berperan sebagai pusat data dan informasi serta pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM. Sesuatu yang mutlak harus dilakukan di tengah persaingan usaha yang ketat dan kompetitif.

RKB kemudian bertransformasi menjadi Rumah BUMN atau RB pada tahun 2020. Transformasi ini menambahkan peran RB yaitu tanggung jawab sosial dan lingkungan. RB diharapkan juga mampu merangkul generasi milenial yang memiliki semangat berkembang dan berwirausaha tinggi dengan memberikan ruang untuk berkumpul dan berdiskusi kepada generasi muda semacam co-working space.

***

GN/MRA

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1119 seconds