Cara Belajar Public Speaking yang Mudah dan Efektif untuk Pemula

Minggu, 18 September 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Public Speaking (Freepik/Benzoix)

LINK UMKM -  Public speaking merupakan sebuah cara komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan khalayak atau sekelompok orang. Public speaking bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi, menghibur orang, dan juga mengajak atau mempengaruhi khalayak.

Dalam penyampaian pesannya harus lebih terstruktur dengan menggunakan tata bahasa yang formal, agar terdengar lebih sopan, tapi ini sebenarnya bersifat kondisional tergantung bagaimana situasinya dan siapa saja audiensnya. Perlu diketahui juga bahwa public speaking adalah sebuah kemampuan yang bisa dipelajari dan dilatih oleh siapapun, dari kalangan manapun.

Saat sedang berbicara di depan banyak orang, kita tentunya harus bisa mencari tema atau materi pembicaraan yang menarik sehingga audiens pun tertarik untuk mendengarkan apapun yang kita bicarakan. Berbicara di depan umum merupakan proses komunikasi yang berkesinambungan antara pembicara dan pendengar, sehingga dalam public speaking seseorang harus bisa berinteraksi dengan baik di depan para audiens. Saat sedang berbicara di depan banyak orang, kita tentunya harus bisa mencari tema atau materi pembicaraan yang menarik sehingga audiens pun tertarik untuk mendengarkan apapun yang kita bicarakan.

Di lansir dari Kompas.com terdapat beberapa cara belajar Public Speaking dengan mudah antara lain :

  1. Perbaiki Kosakata dan Intonasi Suara, dalam Public Speaking penulisan dan kosakata juga penting. Dalam berbicara, harus menggunakan kosakata yang tepat untuk menyampaikan informasi kepada audiens, sehingga tidak salah dalam berucap. Setelah itu, penting untuk memperjelas intonasi dan pelafalan kalimat yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung penyampaian informasi dan membantu membuat gaya bicara menjadi lebih teratur.
  2. Persiapkan Tema atau Materi Sebelum berbicara di depan banyak orang, sebelum tampil di depan para audiens harus lebih dulu memperhatikan tema dan mencari bahan materi apa yang ingin di sampaikan.
  3. Belajar dengan Menggunakan Catatan, sebagai pemula melatih diri dengan cara menulis poin penting dari materi yang ingin disampaikan. Setelah itu, mulailah latihan berbicara dengan perlahan, dan usahakan untuk tidak membaca setiap kata dari catatan yang sudah dibuat karena itu akan membuatmu terlihat kurang professional.
  4. Perbanyak Latihan,

Latihan secara rutin merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengasah kepercayaan diri yang kamu punya. Dengan coba berbicara di depan cermin sembari mencari gaya bicara dan intonasi suara yang tepat dan bisa membuatmu nyaman. Selain itu, juga bisa meminta tolong orang terdekat untuk bisa membantu berlatih dan setelah itu mintalah saran dan kritik untuk memperbaiki kesalahan.

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1227 seconds