Basic Financial Planning

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Basic Financial Planning (Freepik/Rawpixel)

LINK UMKM -  Financial planning yaitu suatu proses yang digunakan untuk mengatur keuangan pribadi seseorang demi memenuhi suatu tujuan keuangan melalui pengelolaan keuangan secara terencana. Financial Planning yang bisa dilakukan sehari-hari dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran harian untuk bisa mengalokasikan uang dengan benar agar kita menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangan. Hal ini dapat membangun pondasi mengenai finansial di masa depan. Dengan mengetahui pemasukan dan pengeluaran keuangan, maka kita akan lebih mudah untuk menentukan berapa banyak dana yang harus kamu keluarkan dan berapa banyak dana yang harus ditabung atau diinvestasikan.

dilansir dari kompas.com Pada era sekarang tidak semua anak muda mempedulikan financial planning, bahkan ada sebagian yang meanggap hal itu tidak penting yang mengakibatkan boros. Hal-hal yang dilakukan anak muda yang berdampak buruk seperti meremehkan pengeluaran kecil, nongkrong everyday, hidup memenuhi gengsi, tidak belajar mengenai investasi dan lain sebagainya. Jika kebiasaan itu tidak dihilangkan maka akan berdampak buruk pada finansial mereka. Padahal financial planning mempunyai manfaat yang sangat berguna untuk di masa depan, manfaatnya antara lain seperti perencanaan keuangan dapat menjadi panduan keuangan untuk mengevaluasi kondisi keuangan saat ini sehingga bisa diperbaiki di kemudian hari, mencegah overspending atau mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya dan lebih dari yang bisa kamu dapatkan, menjadi salah satu back up plan, bisa untuk merencanakan pembelian aset produktif dan investasi, untuk merencanakan keuangan di hari tua dengan matang dan terciptanya kehidupan yang nyaman dan sejahtera karena keuangan menjadi lebih sehat.

Cara mudah untuk membuat financial planning pribadi yang bisa kita lakukan yaitu dengan memulai budgeting dengan membuat pos-pos pengeluaran yang dibedakan berdasarkan penggunaannya, apakah untuk harian, mingguan, dan seterusnya. Selanjutnya, sisihkan juga pos tabungan. Pahami terlebih dahulu konsep tabungan, yang tentu berbeda dengan pos pengeluaran harian. Dengan sudah mengetahui manfaat dan cara untuk melakukan financial planning bisa mulai untuk membiasakan diri untuk tertib dalam mengatur keuangan dan terus belajar mengenai financial planning untuk masa depan yang lebih baik.

***

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1586 seconds