Kenali Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda: Kurang Tidur hingga Rokok

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:00 WIB

Kenali Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda: Kurang Tidur hingga Rokok

LINK UMKM -  Usia bukan lagi penentu penyakit jantung. Baik tua maupun muda (dibawah 50 tahun), semuanya rentan mengalami serangan jantung.

Penelitian telah menemukan bahwa penyakit jantung saat kini semakin banyak menyerang orang berusia muda.

Berikut beberapa penyebab penyakit jantung yang bisa diperhatikan untuk mencegah:
1. Merokok
Kaum dewasa muda yang merupakan perokok aktif memiliki peluang mengalami serangan jantung yang berlipat ganda dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa, merokok dapat meningkatkan risiko hingga delapan kali lipat.
2. Depresi
Remaja yang mengalami depresi atau gangguan mental lainnya harus mendapatkan pengawasan yang tepat. American Heart Association menjelaskan penyakit mental sebagai salah satu factor risiko awal perkembangan penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah pada musia muda.
3. Kurang Tidur
Dikutip dari Harvard Medical School, sebuah penelitian menyebutkan remaja yang tak memiliki waktu yang cukup untuk tidur berisiko menderita penyakit jantung saat dewasa. Para peneliti menemukan bahwa remaja yang kurang tidur lebih cenderung memiliki risiko metabolik yang tinggi, memiliki lemak perut, tekanan darah tinggi, kolesterol buruk, resistensi insulin, yang seluruhnya meningkatkan risiko diabetes.

RZ/MG

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1355 seconds