Kolak Ubi: Tak Sekedar Lezat, Tapi Kaya Manfaat Kesehatan

Minggu, 31 Maret 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kolak Ubi (Tempo.co)

LINK UMKM - Kolak merupakan hidangan takjil favorit selama Ramadan, dan kolak ubi menjadi salah satu variannya yang selalu dicari. Kelezatan kolak ubi terletak pada perpaduan tekstur ubi yang kenyal dengan kuah santan kental manis. Selain lezat, ubi yang menjadi bahan utama kolak juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya, berdasarkan informasi dari Tempo.co.

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Ubi jalar kaya serat yang membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Serat larut menyerap air dan melembutkan tinja, sedangkan serat tidak larut membantu membersihkan usus. Antioksidan dalam ubi jalar juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

2. Meningkatkan Penglihatan

Ubi jalar mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, penting untuk penglihatan yang sehat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan khusus. Selain itu, ubi jalar juga mengandung antosianin yang melindungi sel mata dari kerusakan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Ekstrak ubi jalar kaya antosianin dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan memori kerja spasial tikus. Meskipun tidak ada penelitian yang diuji kepada manusia, tetapi secara umum, diet kaya buah dan sayur dengan kandungan antioksidan tinggi dikaitkan dengan risiko penurunan mental dan demensia yang lebih rendah.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dalam ubi jalar dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin A dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi ubi jalar secara teratur dapat membantu mencegah kekurangan vitamin A.

5. Berpotensi Melawan Kanker

Ubi jalar kaya antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kanker. Antosianin dalam ubi jalar ungu telah ditemukan dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu. Ekstrak kulit ubi jalar juga memiliki sifat anti-kanker dalam penelitian hewan. Namun, belum ada penelitian yang menguji efek ini pada manusia.

6. Mengatasi Diabetes dan Penyakit Jantung

Senyawa dalam ubi jalar membantu mengontrol gula darah. Ubi jalar rebus memiliki indeks glikemik rendah dan tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Ubi jalar dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Menangani Obesitas

Ubi jalar membantu menurunkan peradangan dan menjaga sel-sel lemak agar tidak tumbuh. Ubi jalar dapat membantu menurunkan berat badan.

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1248 seconds