Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Olahraga dan Makan Sehat

Rabu, 10 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Pola Hidup Sehat (Kompas.com)

LINK UMKM - Kesadaran akan pentingnya gaya hidup dan pola makan sehat semakin terlihat. Bukan hanya soal olahraga, kesadaran gaya hidup sehat juga mempengaruhi pola makan. Makin banyak orang yang menyadari pentingnya memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh demi kesehatan.

Budi Wirawan, CEO brand makanan sehat Granolab Muesli, mengamati tren gaya hidup sehat yang meningkat selama beberapa tahun terakhir. "Banyak yang sudah menerapkan gaya hidup sehat, dan hal tersebut menjadi kemajuan yang positif," kata Budi yang dilansir dari Kompas.com.

Banyak orang beranggapan bahwa produk dengan label "sehat" secara otomatis baik untuk tubuh. Namun, kenyataannya tidak sesederhana itu. Menurut Budi Wirawan, kunci utama makanan sehat adalah keseimbangan gizi.

Makanan seimbang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, karbohidrat (termasuk serat), protein, dan lemak sehat. Berikut beberapa contohnya:

  1. Buah-buahan: Kaya vitamin, mineral, dan antioksidan. Cocok untuk camilan. Meskipun tinggi gula, gula alami dalam buah aman untuk tubuh dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah drastis.
  2. Sayuran: Sumber utama vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Konsumsi beragam sayuran dengan warna berbeda untuk mendapatkan nutrisi lengkap, seperti bayam, kale, buncis, brokoli, dan sawi.
  3. Biji-bijian: Menambah vitamin, mineral, dan serat. Pilih biji-bijian utuh (bukan roti putih atau pasta) untuk nutrisi maksimal.
  4. Protein: Bermanfaat untuk pengembangan otot, penyembuhan luka, dan banyak lagi.  Ada banyak sekali sumber protein yang bisa didapatkan, protein hewani terdiri dari unggas, ikan, dan daging merah. Terdapat juga sumber protein dari tumbuhan yaitu kacang-kacangan seperti kedelai, kacang polong, almond, biji bunga matahari, dan tempe.
  5. Lemak: Memberikan energi dan menjaga kesehatan sel tubuh. Konsumsi lemak secukupnya untuk menghindari kelebihan kalori dan kenaikan berat badan.

Menyajikan makanan dengan gizi seimbang tidak harus rumit. Sobat LinkUMKM bisa menggunakan metode "Choose My Plate" yang direkomendasikan oleh United States Department of Agriculture (USDA), dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Isi setengah piring dengan buah-buahan dan sayuran.

- Tambahkan lebih dari seperempat piring dengan biji-bijian.

- Tambahkan protein kurang dari seperempat bagian

- Tambahkan susu sebagai pelengkap

Sobat LinkUMKM, Yuk mulai perhatikan gizi yang seimbang! Gizi yang seimbang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, sehingga Sobat LinkUMKM dapat bekerja lebih optimal.

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1381 seconds