Manfaat Segmentasi pasar bagi UMKM

Senin, 14 Juni 2021 | 21:37 WIB

Ilustrasi Pemulihan Ekonomi (Foto : freepik.com)

LINK UMKM -  

Segmentasi pasar menjadi salah satu strategi bisnis yang dimana pelaku usaha memecah target pasar yang mereka tuju menjadi lebih spesifik sehingga pemasaran produk atau layanan dari pelaku UMKM nantinya akan lebih efesien karena pelaku UMKM sudah mengetahui sekiranya kelompok atau pelanggan mana yang akan mereka tuju.

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk menerapkan segmentasi pasar sebagai berikut,

Pertama, tentukan kriteria target pasar berdasarkan demograpfi, geografi, perilaku dan psikografis. Kedua, memahami masalah apa yang dihadapi pelanggan sehingga Anda dapat mengetahui kiranya produk atau layanan apa yang sesuai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ketiga, ketahui kegiatan pelanggan saat, sebelum, dan sesudah menggunakan produk Anda apakah mereka puas, merasa tertarik, atau bahkan ingin menggunakan produk Anda kembali.

Keempat, Pahami kegiatan dari pelanggan Anda terlebih yang berhubungan dengan kegiatan konsumsi misalkan seperti platform “apa yang sering digunakan?”

Kelima, memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda usaha Anda terus berkembang meskipun karakteristik pelanggan berbeda-beda. Selain itu terdapat juga beberapa manfaat dari segmentasi pasar sebagai berikut :

Keenam, pemasaran produk/layanan akan tepat sasaran sesuai kemauan dari pelaku usaha. Ketujuh, retensi, dimana pelanggan akan setia kepada pelaku usaha yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Kedelapan, membantu pelaku usaha dalam memanfaatkan biaya yang ada dengan efektif dan efesien karena mengetahui biaya tersebut digunakan untuk apa. Membantu pelaku usaha untuk melihat potensi dan peluang usaha lainnya.

Komentar (0)