5 Digital Marketing Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Kamis, 17 Agustus 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Digital Marketing (Kompas.com)

LINK UMKM -  Dunia bisnis saat ini membutuhkan digital marketing skill guna mengikuti perkembangan zaman pengaruh teknologi digital yang terus berkembang. Digital marketing atau pemasaran digital dengan menggunakan media online ini, menjadi bentuk strategi pemasaran yang banyak diterapkan pelaku bisnis. Melalui pemasaran digital, kamu dapat menjangkau audiens dalam jumlah yang lebih besar dan dapat meminimalisasi biaya pemasaran.

Terdapat banyak sekali macam-macam digital marketing yang dapat digunakan untuk memasarkan produk atau layanan yang Kamu tawarkan. Setiap jenis digital marketing tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing mengingat saluran digital yang digunakan pun berbeda-beda. Kamu dapat memilih jenis digital marketing mana yang paling tepat untuk digunakan memasarkan produk sesuai dengan audiens targetnya. Berikut ini terdapat 5 digital marketing untuk meningkatkan keuntungan bisnis yang dilansir dari Kompas.com:

  1. Content Marketing

Content Marketing adalah jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar atau pengunjung. Tujuan dari kontennya yaitu menarik para customer yang memiliki potensial. Contoh Content marketing antara lain: Postingan Blog, Video, Podcast, Studi Kasus, E-Book.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mendapatkan traffic berkualitas baik yang secara gratis, maupun berbayar. Jika tujuanmu adalah menarik banyak pengunjung, kamu diharuskan mengoptimalisasi konten seperti menentukan kata kunci yang relevan untuk judul, deskripsi, isi website, serta membangun backlink yang relevan.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan salah satu cara popular banyak orang menghasilkan sebagian usahanya dari bisnis online. Pada dasarnya Affiliate Marketing adalah salah satu jenis digital marketing dimana sesorang menjalin hubungan bisnis dengan pebisnis atau perusahaan untuk mendapatkan komisi atas traffic bisnis yang kamu timbulkan. Kamu dapat menggunakan influencer, vlogger, atau public figure sebagai orang yang akan melakukan pemasaran.

  1. Social Media Marketing (SMM)

Sosial Media Marketing mengacu pada penggunaan platform media sosial untuk menarik pelanggan. Dengan menggunakan sosial media, kamu dapat membangun hubungan harmonis pelanggan. Sosial Media Marketing meliputi mendengarkan keluhan pelanggan, memulai percakapan dengan mereka, dan berbagi informasi.

  1. Email Marketing

Email marketing adalah jenis digital marketing yang memanfaatkan email sebagai saluran pemasarannya. Melalui email, perusahaan dapat mengirimkan berbagai macam promosi, pengenalan produk baru, hingga buletin secara langsung kepada pelangan. Biasanya, Kamu bisa mendapatkan daftar alamat email milik pelanggan yang sudah pernah mendaftarkannya di website atau acara yang Kamu lakukan.

***

GN/LMP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x