Kisah Yovy Trijayanti, Owner Salira Bakery yang Bangkit dari Pandemi

Senin, 9 Agustus 2021 | 12:00 WIB

Pandemi bukanlah halangan bagi Yovy Trijayanti selaku owner Salira Bakery

LINK UMKM - Bank BRI (BBRI) terus mendorong geliat ekonomi, agar terus berputar dan berkontribusi pada pembangunan nasional.  Salah satunya dengan terus menyalurkan kredit kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), agar terus tumbuh dan bertahan.

Seorang pelaku UMKM, Yovy Trijayanti, bergerak di bidang bakery dan telah menjadi nasabah BRI sejak 1996. Ia juga ikut menikmati pinjaman modal kerja/Kredit Modal Kerja (KMK) BRI.

Dia awalnya sempat bingung dengan kondisi yang semakin sulit, namun BRI memberikan bantuan berupa pinjaman modal kerja. “Pinjaman ini saya pergunakan untuk kebutuhan toko, pembelian bahan baku pembuatan roti dan cake. Saya juga pakai pinjamannya untuk pelatihan bagi pekerja saya untuk meningkatkan kemampuan mereka di bisnis ini,” ujar perempuan paruh baya tersebut.

Yovy mengatakan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan oleh pemerintah, bisnisnya ikut terdampak. Sepinya pembeli akibat pandemi setidaknya memaksa Yovy menutup tokonya selama 2 bulan, sejak April hingga Juni 2020. Ia mengalami penurunan pendapat yang cukup signifikan.

Toko Salira Bakery yang dikelolanya ini merupakan usaha keluarga yang sudah turun menurun menjadi warisan keluarga Yovy. Ia mengatakan, pengelolaan bisnis bakery ini telah dilakoninya sejak tahun 90-an.

Tak kurang dari 7 pegawai bekerja di toko roti yang belokasi di Duren Sawit, Jakarta Timur tersebut. Mereka terdiri dari 3 baker, 2 pramusaji dan 2 pegawai roti keliling, yang setiap harinya berkeliling di sekitar wilayah Duren Sawit dan Pondok Kelapa.

Sejak saya meminjam di BRI, bisnis rotinya mengalami peningkatan yang cukup bagus. Awal meminjam pada Agutus 2020, ikut mendorong omzetnya hingga Rp40 juta. Dia sangat bersyukur dengan BRI, yang terus mendampingi saya untuk terus maju.

“Seluruh pekerja BRI yang berhubungan dengan saya sangat komunikatif dan memberikan support yang luar biasa,“ katanya.

Ia juga melakukan promosi melalui salah satu usahanya yang lain, yakni Salira Barbershop, dengan memberikan air minum gratis dan roti kepada setiap pengunjung yang melakukan hair treatment, seperti cutting di barbershop tersebut.

Bantuan yang digulirkan BRI tidak hanya menghidupi bisnis UMKM seperti Salira Bakery. BRI terus berkomitmen untuk terus mendukung gerak roda ekonomi mikro di Indonesia, dengan memberikan berbagai kemudahan kepada pelaku usaha agar tetap bertahan serta tumbuh di masa yang sulit seperti sekarang ini.

“Melihat betapa hebatnya pelaku UMKM yang terus berjuang di tengah pandemi seperti sekarang ini, BRI akan terus mendukung usaha mereka melalui berbagai kemudahan dan fasilitas yang BRI miliki. Kami akan terus menjadi partner bisnis yang senentiasa mendampingi para pelaku UMKM dalam meniti bisnisnya di periode sulit seperti sekarang ini,“ ujar Direktur Bisnis Kecil, Ritel dan Menengah Bank BRI, Priyastomo.

RZ/MG

ANDY ATMOKO

11 Agustus 2021 | 23:06:20 WIB 3 tahun lalu

yang lain juga wajib dibantu

Tatik Pudji Handayani

10 Agustus 2021 | 20:48:28 WIB 3 tahun lalu

BRI sukses dalam pendampingan dan permodalan

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x