Tips Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia

Rabu, 6 April 2022 | 16:00 WIB

Ilustrasi Antrian Pelanggan (Foto : Istimewa)

LINK UMKM - Sebagai pebisnis, Anda tentu mengidamkan para pelanggan setia yang membeli produk Anda tidak hanya sekali, melainkan berulang kali. Hal itu tentu tidak bisa diwujudkan tanpa upaya untuk mewujudkannya. Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan setia, berikut adalah tips untuk mendapatkan pelanggan setia yang bisa Anda lakukan.

1. Jaga Kualitas Bisnis Anda

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah selalu memberikan yang terbaik pada setiap konsumen Anda. Caranya dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan Anda sehingga konsumen selalu merasa puas.

Jika Anda bisa memuaskan konsumen, mereka akan terkesan dan mengingat brand Anda. Ketika mereka butuh produk atau jasa Anda, mereka akan kembali mencari Anda dengan sendirinya.

2. Aktif di Media Sosial

Hampir semua orang sudah menggunakan media sosial. Dengan aktif di media sosial, Anda bisa mempromosikan bisnis Anda dan menyapa konsumen Anda. Pendekatan melalui dunia maya dapat berpengaruh positif pada hubungan Anda dengan konsumen baru maupun pelanggan lama.

Anda bisa mem-posting produk Anda, saling mengirimkan komentar, mengiklankan produk Anda secara online, bahkan mengumpulkan data konsumen Anda. Data tersebut dapat menjadi pedoman Anda untuk menganalisis perilaku konsumen karena berisi profil follower, jumlah orang yang mengecek profil akun Anda, jumlah pengguna yang melihat postingan Anda, jumlah klik ke website Anda, dan lain-lain.

3. Adakan Event

Mengadakan event bisa jadi cara untuk menarik konsumen baru dan mendekatkan Anda dengan pelanggan lama. Contohnya, dengan mengadakan bazar atau pameran di mal, berjualan di pinggir jalan, mengadakan customer gathering atau forum kebersamaan dengan pelanggan, menggelar seminar, dan lain-lain.

Terutama untuk bisnis online, kegiatan offline perlu dilakukan secara berkala untuk meningkatkan brand awarness dan menarik minat konsumen untuk mencoba langsung produk Anda, serta membangun hubungan dengan konsumen. Anda akan mendapatkan perhatian lebih dari konsumen ketika mengadakan event tertentu.

4. Buat Lomba Online

Coba buat lomba online berhadiah yang berkaitan dengan produk Anda. Contohnya, kompetisi foto atau video yang diunggah di media sosial, menulis ulasan di blog, kuis regram posting-an Anda di Instagram, dan lain-lain. Lomba online tersebut dapat meramaikan media sosial dan website bisnis Anda.

Jika lomba online Anda berhasil, Anda bisa membuat nama brand Anda menjadi viral di dunia maya. Banyak orang mengikuti akun Anda dan tertarik dengan produk Anda. Konsumen baru berdatangan dan konsumen lama kembali pada Anda.

5. Berikan Penawaran Spesial

Sesekali Anda perlu memberikan penawaran spesial berupa diskon, bonus, beli 2 gratis 1, bebas ongkos kirim, dan lain-lain. Kebanyakan konsumen senang dengan penawaran tersebut karena menghemat pengeluaran dan menguntungkan mereka saat berbelanja.

 

Komentar (5)

  • Nova Ariani Sigar

    11 April 2022 | 22:39:48 WIB

    pelanggan adalah Raja

    2 tahun lalu

  • Suyatno

    8 April 2022 | 03:53:53 WIB

    Nyimak

    2 tahun lalu

  • TONNY ADHI SAPTONO

    16 Maret 2022 | 12:55:58 WIB

    Pelanggan adalah raja

    2 tahun lalu

  • TONNY ADHI SAPTONO

    16 Maret 2022 | 12:55:21 WIB

    Pelanggan adalah raja

    2 tahun lalu

  • Michael David

    25 November 2020 | 10:41:46 WIB

    goood

    4 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1429 seconds