Fitur Baru WhatsApp: Inovasi Terkini untuk Tingkatkan Hubungan Bisnis-Pelanggan

Rabu, 11 September 2024 | 11:00 WIB

Fitur Baru WhatsApp Inovasi Terkini untuk Tingkatkan Hubungan Bisnis Pelanggan

LINK UMKM - WhatsApp kembali mengadakan WhatsApp Business Summit (WABS) di Jakarta. Dalam acara ini, WhatsApp memperkenalkan beberapa fitur baru yang dirancang untuk membantu bisnis dalam berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan guna meraih kesuksesan dan berkembang.

Pieter Lydian, Country Director untuk Indonesia di Meta, menekankan betapa pentingnya perpesanan bagi bisnis lokal dan perlunya mengadopsinya segera. Menurut Pieter, dengan 87 persen konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis, penting bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam interaksi dengan konsumen modern. Pieter menyatakan, “Kami memahami betapa pentingnya WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari dan akan terus mendukung bisnis untuk meraih kesuksesan dengan WhatsApp.”

 

  1. Verifikasi Meta

Setelah pengumuman pada bulan Juni bahwa Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang menerima fitur ini, Verifikasi Meta kini tersedia melalui aplikasi WhatsApp Business bagi UKM di Indonesia yang memenuhi syarat. Lencana terverifikasi pada profil bisnis diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Bisnis yang menggunakan Meta Verified akan menerima dukungan akun tingkat lanjut serta akses multi-perangkat untuk karyawan mereka. Lencana ini juga akan muncul di halaman WhatsApp Channels dan Business, memudahkan berbagi di media sosial dan situs web.

 

  1. Panggilan dalam Chat dengan Bisnis Berskala Besar

WhatsApp saat ini sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pelanggan melakukan panggilan langsung ke bisnis melalui WhatsApp. Fitur ini, yang diaktifkan melalui WhatsApp Business Platform, bertujuan untuk memungkinkan pelanggan terhubung dengan bisnis lebih cepat dan nyaman. WhatsApp berencana untuk memperluas fitur ini agar dapat menjangkau lebih banyak bisnis dalam waktu dekat.

 

  1. Meta AI untuk WhatsApp Business

WhatsApp mulai menerapkan teknologi AI pada bisnis yang menggunakan platform ini untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan kepada pengguna. Teknologi ini juga memungkinkan bisnis untuk membuat iklan tanpa biaya tambahan. Fitur ini masih dalam tahap awal, dan WhatsApp akan terus menyempurnakannya sebelum diluncurkan kepada lebih banyak bisnis di seluruh dunia.

 

Di era digital saat ini, perpesanan menjadi pilihan utama bagi konsumen Indonesia dalam berinteraksi dengan bisnis. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memanfaatkan perpesanan secara efektif untuk menarik pelanggan dan mempertahankan daya saing. Untuk memahami lebih dalam mengenai hal ini, Meta bekerja sama dengan Boston Consulting Group (BCG) untuk melakukan survei mendalam tentang perpesanan bisnis di Indonesia. Survei ini melibatkan 400 bisnis dan 30 wawancara mendalam dengan bisnis dari berbagai industri. Temuan utama dari survei menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen pelaku bisnis di Indonesia kini menggunakan perpesanan di setiap tahap perjalanan konsumen—mulai dari interaksi awal dan prapenjualan, hingga keterlibatan jangka panjang. Ini menunjukkan bahwa perpesanan tetap menjadi cara terbaik bagi konsumen dan bisnis untuk menyelesaikan berbagai keperluan, baik itu menjawab pertanyaan, mendiskusikan produk, atau menyelesaikan transaksi pembelian.

***

MIN/AHS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1425 seconds