Langkah Jitu Merintis Bisnis MUA yang Sukses

Senin, 4 Maret 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi MUA (Kompas.com)

LINK UMKM - Dilansir dari Kompas.com, banyaknya konten make-up di media sosial menarik minat banyak orang untuk menjadi MUA alias make-up artists. Meskipun terlihat mudah, memulai bisnis MUA profesional membutuhkan strategi yang tepat. Sobat LinkUMKM perlu menyiapkan modal, waktu, skill, dan dedikasi yang all out untuk mencapai kesuksesan di bidang ini.

Bagi Sobat LinkUMKM yang ingin merintis bisnis sebagai MUA, berikut 5 strategi sukses yang bisa membantu untuk memulai dan mengembangkan bisnis Sobat LinkUMKM.

1. Ikut Pelatihan Make-up Profesional Bersertifikat

Memiliki skill make-up yang mumpuni merupakan hal utama dalam memulai bisnis MUA. Tak hanya sebatas "bisa" merias wajah, ikutilah pelatihan tata rias profesional untuk mengasah skill Sobat LinkUMKM. Sertifikat resmi dari lembaga terpercaya akan menjadi nilai tambah yang signifikan, menunjukkan kredibilitas dan meningkatkan value Sobat LinkUMKM. Hal ini pun mampu menarik minat dan meyakinkan calon pelanggan, serta membedakan dari MUA lain.

2. Berinvestasi pada Peralatan dan Produk Make-up

Peralatan dan produk make-up berkualitas adalah investasi penting bagi MUA. Memilih alat make-up tidak hanya berdasarkan harga, tapi juga kualitas.  Alat dan produk make-up berkualitas tinggi menghasilkan riasan yang lebih baik dan tahan lama.  Investasi ini membantu Sobat LinkUMKM menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.  Keragaman produk dan alat makeup juga penting untuk mendukung bisnis MUA Sobat LinkUMKM.

3. Mulai Promosi ke Orang Terdekat

Memulai bisnis MUA membutuhkan kemampuan merias yang mumpuni dan strategi promosi yang efektif. Bagi pemula, fokuslah pada promosi kepada orang-orang terdekat untuk membangun testimoni dan mengasah kemampuan. Strategi ini membantu mengenalkan bisnis dan skill make-up Sobat LinkUMKM kepada target pasar awal. Promosi kepada orang terdekat dapat dilakukan dengan menawarkan potongan harga atau harga spesial. Hal ini membantu membangun kredibilitas dan kepercayaan sebelum menjangkau target pasar yang lebih luas.

4. Tingkatkan Portofolio Make-up di Platform Media Sosial

Unggah foto dan video hasil make-up Sobat LinkUMKM, ikuti tren terbaru, dan targetkan audiens yang tepat untuk menarik calon pelanggan. Memposting portofolio juga membantu Sobat LinkUMKM mengasah kemampuan dan memasarkan bisnis secara efektif. Jangan ragu untuk memamerkan hasil karya Sobat LinkUMKM dan tingkatkan terus kemampuan Sobat LinkUMKM untuk mencapai kesuksesan di bisnis MUA.

5. Berikan Pilihan Layanan Make-up yang Beragam

Untuk mengembangkan bisnis MUA, tak hanya cukup menawarkan layanan make-up. Perluasan opsi layanan seperti sewa wardrobe, tenda, dekorasi, hingga gedung acara dapat menarik minat konsumen. Paket layanan dengan beragam pilihan harga juga dapat memudahkan konsumen dalam memilih sesuai budget. Keberagaman layanan dan paket ini akan membuat jasa MUA Sobat LinkUMKM lebih menarik dan diminati.

Sobat LinkUMKM, siap memulai bisnis MUA? Ikuti tips-tips di atas dan jangan ragu untuk melangkah maju. Semoga bermanfaat!

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1344 seconds