Jangan Lupa Pendinginan Setelah Olahraga

Jumat, 29 Desember 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Pendinginan (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Pemanasan dilakukan untuk membuat tubuh siap melakukan olahraga. Dengan pemanasan sebelum olahraga tubuh dapat terhindar dari cedera dan kram. Setelah melakukan pemanasan, Sobat LinkUMKM baru bisa mulai berolahraga. Terdapat satu hal lagi yang perlu diterapkan ketika berolahraga, yaitu pendinginan. Walaupun sudah mengerti bahwa hal ini perlu dilakukan, masih banyak orang yang melewatkan pendinginan ketika telah berolahraga. Tubuh memiliki risiko cedera dan nyeri ketika tidak melakukan pendinginan. Untuk mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan dari pendinginan ini, melansir dari Kumparan.com 4 manfaat pendinginan setelah olahraga:

- Menormalkan detak jantung

Ketika berolahraga akan membuat detak jantung menjadi meningkat lebih cepat. Maka dari itu setelah berolahraga detak jantung harus dikembalikan seperti semula. Detak jantung yang cepat akan membuat Sobat LinkUMKM mengalami pusing hingga hilangnya keseimbangan.

Sehingga untuk mencegah hal tersebut harus dilakukan pendinginan setelah olahraga agar tidak terjadinya risiko tersebut.

- Mengatur laju pernafasan

Sama seperti sebelumnya, bukan hanya detak jantung yang meningkat, tapi juga pernafasan menjadi tidak teratur. Saat berolahraga jantung akan dipompa dan tarikan nafas akan semakin dalam. Dengan begitu nafas akan menjadi lebih terengah-engah.

Diperlukan pendinginan untuk mengatur kembali laju pernapasan Sobat LinkUMKM agar kembali normal, sama sebelum berolahraga.

- Mengurangi risiko kram otot

Risiko ketika berolahraga cukup banyak, salah satunya adalah kram otot. Risiko ini akan semakin tinggi terjadi apabila Sobat LinkUMKM tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga.

Dengan melakukan pendinginan setelah berolahraga akan membuat otot jadi rileks dan darah mengalir menjadi lebih optimal. 

- Mengurangi tekanan pada sendi

Umumnya ada anggota tubuh tertentu yang susah untuk digerakkan setelah berolahraga dan salah satunya adalah sendi. Ketika Sobat LinkUMKM melakukan pendinginan akan meredakan rasa tegang yang terjadi pada anggota tubuh termasuk ke dalamnya adalah sendi agar tubuh kembali seperti sebelum melakukan olahraga.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1575 seconds