Rugi Kalau Belum Tahu Cara Buat Minyak Kelapa Murni

Senin, 27 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kelapa (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Kelapa, tanaman yang serbaguna ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Mulai dari batang sampai buahnya bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan. Buahnya yang bisa dikonsumsi, daunnya yang bisa dibuat penanda, tulang daun bisa dijadikan sapu lidi, batok dijadikan kerajinan tangan unik dan masih banyak lagi. Hal tersebut juga berlaku pada buah kelapa yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan minyak kelapa. Selain menggantikan minyak sawit untuk menggoreng. Minyak kelapa memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Orang menjadi tertarik untuk mencobanya, namun sayang harganya yang lebih mahal dibandingkan minyak sawit menjadi alasan tidak jadi mencobanya. Meskipun begitu ada cara lain untuk mendapatkan minyak kelapa, yaitu dengan membuatnya sendiri. Melasir dari Kumparan.com berikut ini cara membuat minyak kelapa murni yang bisa dilakukan di rumah:

Alat dan bahan

  • Daging kelapa tua secukupnya
  • Pisau
  • Sendok
  • Air secukupnya
  • Parutan
  • Saringan atau kain tipis
  • Wadah/baskom
  • Panci

Cara membuat minyak kelapa

  1. Kupas kulit kelapa, caranya pegang buah kelapa dengan hati hati dan erat, kemudian pukul kulit kelapa dengan bagian belakang pisau hingga retak. Lalu pindahkan cangkang yang tersisa dengan hati-hati. Sobat LinkUMM dapat memisahkan airnya untuk dinikmati
  2. Parut daging kelapa, setelah dipisahkan Sobat LinkUMKM dapat memarut daging kelapa menggunakan parutan halus.
  3. Rendam dan saring, jika sudah terparut semua, dapat dilanjutkan dengan menambahkan air secukupnya sekitar 1 sampai 3 cangkir kedalam wadah yang berisi kelapa parut. Kemudian bisa dilanjutkan dengan proses menyaring.
  4. Panaskan, masak air penyaringan sebelumnya di dalam panci besar agar hangat. Pastikan santan tidak mendidik. Cukup hangat saja dan matikan api dan terus aduk.
  5. Dinginkan, setelah dipanaskan, dinginkan dahulu sampai kira-kira sama dengan suhu ruangan.
  6. Skim, jika telah dingin, terdapat lemak di atasnya, sehingga perlu dibuang dan masukkan ke dalam wajan yang telah disiapkan. Selain itu Sobat LinkUMKM bisa menggunakan panci stainless steel untuk dijadikan tempat menaruh
  7. Rebus, aduk sedikit selama proses perebusan berlangsung. Diamkan sampai santan mendidih, lalu kecilkan api dan rebus hingga mendidih sekitar 45 menit. Pada proses ini penampilan santan akan berubah, akan terlihat minyak yaitu bintik bintik bening. Anda bisa menyendoknya dan pisahkan.
  8. Saring dan dinginkan, pada tahap ini saring menggunakan saringan atau kain tipis untuk menyaring kotoran atau gumpalan minyak.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.138 seconds