Usai Libur Tetap Semangat

Jumat, 24 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Semangat (Tempo.co)

LINK UMKM -  Menghabiskan masa libur kerja dengan berjalan-jalan atau quality time bersama orang terkasih jadi pilihan tepat. Namun, setelah masa libur biasanya suasana liburan masih terbawa hingga ke tempat kerja. Terkadang hal tersebut membuat sulit kembali melakukan rutinitas biasa. Semangat bekerja pun jadi menurun bahkan lebih rendah sebelum liburan. untuk membantu Sobat LinkUMKM berikut ini tips yang dilansir dari Tempo.co untuk membantu mengembalikan semangat setelah menjalani liburan.

1. Pertahankan rutinitas

Walaupun dalam suasana liburan, Sobat LinkUMKM dapat terus melakukan rutinitas sehari-hari yang biasa dilakukan.  Tetap ikuti jadwal tidur dan olahraga dengan teratur. Cara ini efektif untuk membangun rasa stabilitas dan kenormalan ketika sedang merasa bingung. Pertahankan rutinitas yang biasa dilakukan juga dapat meningkatkan energi dan suasana hati yang baik untuk membantu dalam menjaga perasaan yang lebih baik sebelumnya. 

2. Tetap aktif

Agar tetap aktif, Sobat LinkUMKM dapat terus melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti olahraga di tempat kebugaran, berjalan-jalan ataupun rekreasi. Lakukanlah aktivitas-aktivitas lain yang membuat Anda menjadi aktif.

3. Terhubung dengan teman dan keluarga

Terhubung dengan teman ataupun keluarga akan membantu meningkatkan suasana hati karena adanya rasa nyaman dan dukungan yang diberikan. Tidak perlu repot, cukup membuat rencana bertemu langsung ataupun menelpon dan obrolan video untuk membantu Sobat LinkUMKM terhubung dengan teman atau keluarga. Bisa juga dengan bergabung dalam kegiatan sosial dan hobi bersama teman atau keluarga yang memberikan rasa tujuan dan membantu menghindari kebosanan dan keseharian Sobat LinkUMKM.

4. Merawat diri sendiri

Buatlah diri menjadi lebih nyaman dengan meluangkan waktu untuk bersantai dan melakukan berbagai hal yang dapat diri bahagia. Contohnya, dengan membaca buku, mandi busa, ataupun melakukan hobi yang Anda suka.

5. Kurangi makanan tidak sehat

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan makanan cepat saji, jika memungkinkan untuk hindari karena bisa menyebabkan perasaan lelah, rasa bersalah dan kesehatan menurun. Perbaiki kebiasaan tersebut dengan merubahnya menjadi kebiasaan yang sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang serta perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

6. Bersikaplah baik terhadap diri sendiri

Sedih setelah berlibur adalah hal yang biasa tapi jangan terlalu lama, bersikaplah baik pada diri sendiri. Fokus pada hal yang telah dilakukan dengan baik dan berikanlah penghargaan atas pencapaian tersebut. Jangan berlarut-larut merasa sedih atau karena kurangnya waktu liburan.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1716 seconds