Belanja Melalui Media Sosial

Rabu, 22 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Media Sosial (Tempo.co)

LINK UMKM -  Platform media sosial sudah banyak sekali macamnya, misalnya TikTok, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Selain dipergunakan sebagai tempat berbagi cerita dan foto kegiatan Sobat LinkUMKM, media sosial dapat dijadikan social commerce. Social commerce adalah cara memasarkan produk dan jasa bisnis melalui media sosial. Cara ini sedang naik daun, banyak pebisnis yang sudah mencobanya. Kemudahaan diberikan seperti mencari sampai membayar produk yang dibeli hanya menggunakan sebuah platform. Apalagi banyaknya platform media sosial lain yang bermunculan dan tren di masyarakat. Melansir dari Tempo.co daftar platform media sosial belanja online paling populer di dunia:

- Instagram

Peringkat pertama diduduki oleh platform media sosial belanja online paling populer di dunia yaitu Instagram. Banyak orang sudah menjadi pengguna aktif media sosial Instagram untuk berbagi foto dan video, mengikuti orang lain dan membeli produk. 

- Facebook

Platform media sosial kedua adalah Facebook, dengan memiliki pengguna aktif 2,9 miliar perbulannya. TIdak diragukan lagi Facebook menjadi tempat yang terbaik untuk membeli dan menjual produk bisnis. Sementara pada fitur Facebook Marketplace sudah berhasil menarik perhatian pelanggan sebanyak 562 juta orang untuk menemukan produk dan layanan dari bisnis lokal.

- Pinterest

Pinterest menjadi media sosial yang 50 % dari pengguna aktif perbulan nya sering melakukan pembelian. Tampilannya yang bagu seperti galeri pada handphone membuat peluang perdagangan di media sosial Pinterest menjadi besar karena mengandalkan deskripsi visual.

- Snapchat

Bersaing dengan Tiktok, media sosial Snapchat termasuk ke dalam media sosial yang sering dipakai untuk tempat belanja online. Terdapat sekitar 347 juta pengguna yang memiliki daya beli yang besar untuk berbelanja produk.

- Tiktok

Platform media sosial yang diperkenalkan kepada publik pada tahun 2016, telah mampu mengumpulkan 85 juta pengguna dan keuntungan mencapai US$50,4 juga tiap tahunnya. Media sosial ini memungkinkan untuk melakukan transaksi jual beli secara online melalui interaksi pada fitur siaran langsung pada Tiktok.

- X (Twitter) 

Terdapat fakta yang mengatakan bahwa media sosial ini masih diminati 229 juta pengguna tiap harinya. Media sosial ini dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan foto dan deskripsi singkat mengenai produk yang dijual untuk menarik perhatian dari calon pembeli dan membuat mereka mengambil keputusan membeli pada akhirnya.

- Twitch

Mungkin belum banyak yang mengetahui media sosial Twitch. Terdapat layanan siaran langsung yang disediakan untuk membangun loyalitas bagi para penggunannya. Ketika telah diambil alih oleh Amazon media sosial ini berubah menjadi tempat pembelian online.

- Taggshop

sama seperti Twitch, Taggshop belum banyak yang mengetahuinya jika platform media sosial ini menjadi pilihan promosi yang dilakukan oleh para pengusaha. Karena Taggshop dapat mengubah konten yang bernilai ekonomi dan layak untuk dibeli.

- WeChat

Platform media sosial WeChat cocok untuk yang mengincar target konsumen dari luar negeri yaitu China. Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai media sosial favorite yang mengalahkan X (Twitter), Facebook dan TikTok dengan 1,2 miliar pengguna.

- Youtube

Platform media sosial yang terakhir adalah Youtube yang terdapat sekitar 2,1 miliar pengguna aktif mengunggah video yang total durasinya mencapai 694.000 jam per menit di Youtube. Ini menjadi potensi yang besar untuk dunia bisnis dalam melakukan pemasaran dan transaksi penjualan.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1514 seconds