Patut Dicoba Budidaya Ikan Belida

Selasa, 21 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Belida (Tempo.co)

LINK UMKM -  Dalam budidaya perikanan memang memiliki banyak sekali jenis ikan yang dapat dipilih. Ikan gurame, lele, nila, bawal dan masih banyak lagi bisa Sobat LinkUMKM budidayakan. Diantara banyaknya jenis ikan ada satu ikan yang unik dan menarik untuk dibudidayakan, yaitu ikan belida. Ikan jenis ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai jual yang tinggi. Ikan belida memiliki bentuk yang unik, memiliki warna perak dan bentuk tubuh yang panjang dan pipih. Budidaya ikan jenis ini cukup menguntungkan bila konsisten dan tekun dalam pemeliharaan ikan belida. Jika Sobat LinkUMKM tertarik membudidayakan ikan belida, dilansir dari Tempo.co berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisnis ikan belida, antara lain:

1. Pembenihan

Pembenihan ikan belida untuk pengembangbiakkan dibutuhkan waktu kurang lebih 30 hingga 40 hari. Ketika umur benih belida menginjak 30 hari ukurannya telah mencapai 3 hingga 5 cm. Untuk mendapatkan benih ikan belida Sobat LinkUMKM dapat membelinya di pembudidaya ikan belida yang lain. 

2. Pendederan

Pendederan ini dilakukan untuk pemeliharaan benih ikan belida saat pascalarva sampai ukurannya sedikit lebih besar. Untuk mencapai ukuran 5 - 8  cm benih ikan belida memerlukan waktu 25 - 30 hari.

3. Pembesaran

Usaha pembesaran benih ikan belida ini masih terbatas di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Untuk tahap pembesaran benih ikan belida, Sobat LinkUMKM dapat menggunakan KJA (Karamba Jaring Apung) atau kolam yang memiliki arus tenang. Dalam tahap pembesaran ini SObat LinkUMKM perlu mempersiapkan beberapa hal untuk mendukung pertumbuhan benih ikan yang baik, seperti mempersiapkan kolam pemeliharaan, manajemen pakan ikan yang baik, pengelolaan hama dan penyakit yang berpeluang menyerang ikan dan proses pemanenan ikan belida.

4. Olahan

Ketika telah melewati proses pemanenan, Sobat LinkUMKM dapat menjualnya secara langsung kepada penjual ataupun didistribusikan ke beberapa pasar. Akan tetapi bisa juga diolah terlebih dahulu menjadi berbagai macam makanan seperti bakso, abon, sosis, nugget, kerupuk dan sebagainya dari bahan dasar ikan belida. Untuk di daerah Palembang sendiri, ikan belida ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan pempek.

Beberapa cara yang dapat Sobat LInkUMKM lakukan jika tertarik dan ingin mencoba budidaya ikan belida. Perlu diingat untuk memperoleh  benih ikan belida dari pembudidaya yang lain karena ada beberapa jenis ikan belida yang dilindungi dan tidak boleh dikonsumsi apabila hasil tangkap dari alam.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.14 seconds