Budidaya Perikanan Bagi Sosial

Minggu, 19 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Budidaya Perikanan (Kompas.com)

LINK UMKM -  Budidaya perikanan banyak sekali tersebar di wilayah Indonesia. Lokasi yang dekat dengan perairan seperti sungai, tambak, dan laut dapat dijadikan tempat yang sesuai untuk dijadikan tempat budidaya ikan. Budidaya perikanan berdampak sekali pada sektor perekonomian masyarakat sekitar, dengan memberikan lapangan pekerjaan dan penghasilan yang digunakan untuk menghidupi kebutuhan sehari hari. Selain untuk sektor ekonomi, budidaya perikanan juga berdampak pada sektor sosial pada masyarakat. Melansir dari Kompas.com berikut ini pengaruh usaha budidaya perikanan terhadap aspek sosial, antara lain:

1. Menjalin hubungan atau relasi

Ketika usaha budidaya perikanan dilakukan, akan adanya pengaruh pada aspek sosial seperti terjalinnya hubungan atau relasi.

Kegiatan budidaya perikanan tidak dapat dilakukan seorang diri, membutuhkan banyak bantuan dari orang lain. Bisa berasal dari orang sekitar budidaya ataupun keluarga bisa jadi bantuan yang sangat membantu jalannya kegiatan budidaya perikanan.

Tidak terbatas pada pihak yang membantu dalam kegiatan operasional usaha budidaya perikanan. Lebih dari itu, usaha budidaya perikanan bisa menjadi wadah untuk membangun hubungan atau relasi untuk sesama pembudidaya, pembeli, pengepul, penyalur, dinas perikanan, dan semua pihak yang berikan dengan pemengembangan budidaya perikanan.

2. Terpenuhinya kebutuhan pangan

Permintaan akan ikan yang tinggi dari waktu ke waktu akan tetapi hasil tangkapan yang dapat mengalami penurunan dapat berdampak pada kebutuhan masyarakat yang tidak terpenuhi. Pada saat itulah budidaya perikanan memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas ikan pada musim sulitnya menangkap ikan di alam. Dengan hasil budidaya perikanan yang membantu dalam penyediaan ikan, dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan dan ketahanan pangan nasional.

3. Mensejahterakan masyarakat

Adanya budidaya perikanan pada suatu daerah dapat membantu mensejahterakan taraf masyarakat di daerah tersebut. Dengan adanya budidaya perikanan dapat membantu menyediakan lapangan pekerjaan, memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga pendapatan perkapita dapat meningkat. 

Naiknya pendapatan ini dapat berpengaruh pada taraf hidup masyarakat. Peningkatan pada pendapatan berdampak pada pendidikan, sanitasi dan kesehatan, pendidikan yang baik mencirikan kesejahteraan suatu masyarakat. Untuk aspek sosial, dapat mengurangi aksi kriminalitas dan kejahatan yang terjadi pada masyarakat. Semakin tinggi tingkat kesejahteraan masyarakat maka semakin rendah juga tindak kejahatan yang terjadi, sebab aksi kejahatan terjadi karena latar belakang ekonomi yang kurang.

4. Meningkatkan pendidikan

Hadirnya usaha budidaya perikanan juga menjadi perhatian bagi pemerintah untuk secara aktif berpartisipasi menyediakan pendidikan dan pelatihan keterampilan untuk kualitas nelayan yang semakin baik.

Naiknya pendapatan dari budidaya perikanan bisa meningkat pendidikan masyarakat di sekitarnya. Dengan demikian, generasi penerus bangsa menjadi cerdas dan terdidik dan memiliki peluang yang besar dalam mencapai kesuksesan dimasa depan.

5. Membantu mensejahterakan negara

Bukan untuk memenuhi kebutuhan domestik saka, budidaya perikanan menjadi salah satu komoditas ekspor untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia. Dengan tingkatan ekspor yang tinggi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional suatu negara yang akan mensejahterakan masyarakatnya.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1311 seconds