Menegangkan Namun Sehat Olahraga Panjat Tebing

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Panjat Tebing (Tempo.co)

LINK UMKM -  Berlari, latihan angkat beban dan berenang adalah contoh dari sekian banyaknya jenis olahraga. Dari olahraga ringan sampai berat bisa jadi pilihan yang dapat dilakukan oleh Sobat LinkUMKM dalam menjaga kesehatan tubuh tetap bugar. Ada juga jenis olahraga yang cukup menegangkan dan menantang adrenalin untuk Sobat LinkUMKM. Olahraga tersebut adalah panjat tebing. Sama seperti halnya olahraga yang lain, panjat tebing juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh seperti dilansir dari Tempo.co:

- Meningkatkan kekuatan dan cengkraman

Dalam panjat tebing harus fokus menggunakan anggota tubuh yaitu lengan bawah, kaki, punggung dan inti tubuh. Ketika Sobat LinkUMKM olahraga panjat tebing, dapat mengembangkan kekuatan dan keterampilan dalam menggenggam permukaan batu atau pegangan yang berbeda, Semakin kuat genggaman tangan, maka sebaik pula kemampuan mengontrol gerakan dan memanjat tebing.

- Membakar kalori

Seperti pada olahraga lainnya, panjat tebing juga merupakan cara yang efektif untuk membakar kalori. Ini dapat dianggap sebagai salah satu bentuk latihan kardio karena melibatkan aktivitas fisik yang cukup intens dan terus menerus. Jumlah kalori yang terbakar dalam panjat tebing bisa bervariasi tergantung beberapa faktor, termasuk tipe tubuh, usia dan jenis kelamin.

- Meningkatkan keseimbangan

Keseimbangan memegang peran penting dalam praktik olahraga panjat tebing. Tanpa keseimbangan yang tepat, seseorang akan menghadapi kesulitan menggeser pusat gravitasi tubuh ke posisi yang ideal. Panjat tebing pada dasarnya adalah latihan yang menggabungkan pengembangan kekuatan dan keseimbangan. Olahraga panjat tebing dapat meningkatkan kemampuan Sobat LinkUMKM meningkatkan keseimbangan tubuh seiring rajin berolahraga panjat tebing.

- Menyelesaikan masalah

Olahraga ini mendorong Sobat LinkUMKM untuk merencanakan dan memikirkan setiap langkah yang akan diambil. Ketika memanjat tebing, harus mepertimbangkan dengan cermat posisi kaki dan tangan, serta bagaimana mencapai pegangan berikutnya dengan tepat. Oleh karena itu, olahraga panjat tebing efektif melatih kemampuan pemecahan masalah, serta keterampilan untuk mengatasi situasi yang sulit. Menuntut pemikiran strategis, reaksi cepat dan fokus tinggi, sementara itu juga memperkuat kemampuan fisik Sobat LinkUMKM.

- Kesehatan mental

Ketika Sobat LinkUMKM memanjat tebing, mengharuskan untuk memberikan perhatian penuh dan fokus tinggi. Oleh karena itu, rutinitas olahraga panjat tebing ini dapat memberikan manfaat tambahan dalam menjaga kesehatan mental dengan membantu pengalihan perhatian dari tekanan dan gejala depresi.

Olahraga panjat tebing bisa menjadi pilihan olahraga baru yang dapat Sobat LinkUMKM coba. Bukan tentang cuma sehat, tetapi Sobat LinkUMKM juga memperoleh pengalaman baru yang dirasakan. Salam sehat untuk semua.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1454 seconds