Memori HP Penuh karena Chat WhatsApp Begini Cara Menyiasatinya

Sabtu, 24 Juni 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp (Kompas.com)

LINK UMKM -  Memori untuk penyimpanan di handphone (HP) dapat menjadi penuh akibat banyak hal. Namun, penyebab utamanya sering kali ialah karena penambahan data atau file yang bertubi-tubi di HP. Hal ini akhirnya membuat memori HP semakin lama semakin penuh.

Data-data yang sering memakan memori penyimpanan HP bentuknya beragam, seperti file aplikasi terinstal, data media di galeri (foto atau video), dan file unduhan. Tidak hanya itu, terdapat pula data lain yang tanpa sadar dapat memenuhi memori HP. Data tersebut bisa bersumber dari dalam berbagai aplikasi, salah satunya WhatsApp (WA).

Perlu Sobat UMKM BRILian tahu, bahwa setiap chat yang diterima pungguna, baik berupa pesan teks atau kiriman media, seperti foto, video, audio, dan gambar, semuanya akan menjadi sekumpulan data yang tersimpan dalam satu bagian di aplikasi WA.

Dari beberapa jenis chat tersebut, kiriman file media dapat dikatakan data yang paling banyak membuat penyimpanan WA menjadi penuh. Bila terus digunakan dan diakumulasi penggunaan WA tersebut, besar file media yang diterima dan disimpan kemungkinan bisa mencapai lebih dari 2 GB.

Jika seandainya Sobat UMKM BRILian mengalami hal tersebut, berikut penjelasan cara mengosongkan penyimpanan WhatsApp agar tidak penuh yang dilansir dari Kompas.com:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp dan klik menu “Settings”
  2. Selanjutnya, pilih opsi “Penyimpanan dan Data” dan klik “Kelola Penyimpanan”
  3. Di opsi “Kelola Penyimpanan”, terdapat terdapat tiga pilihan penghapusan media dari penyimpanan WhatsApp
  4. Pertama, pengguna bisa menghapus media-media dengan besar file lebih dari 5 MB yang dikirimkan dari semua ruang obrolan
  5. Kemudian, pengguna dapat menghapus media yang telah diteruskan berkali-kali
  6. Ketiga, pengguna juga bisa menghapus media yang dikirimkan dari tiap ruang obrolan, baik individu maupun group.
  7. Di ketiga pilihan tersebut, pengguna dapat menghapus semua media sekaligus atau memilih sebagian saja.

***

GN

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.129 seconds