Tips Mengoptimalkan Transformasi Digital Untuk UMKM

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Transformasi Digital (Kompas.com)

LINK UMKM -  Pesatnya perkembangan teknologi telah mendorong terjadinya transformasi digital di Indonesia. Transformasi digital sendiri merupakan salah satu bentuk dari transformasi bisnis. Karena cakupannya yang luas, transformasi digital tentu dapat direalisasikan di berbagai aspek bisnis Kamu, salah satunya aspek pemasaran atau marketing.

Perubahan gaya hidup masyarakat yang kini makin bergantung pada teknologi memaksa para pelaku UMKM untuk mengubah operasional usaha mereka dengan menggunakan platform digital. Transformasi digital tentu bukanlah hal yang mudah dicapai. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan secara matang karena usaha UMKM yang awalnya beroperasi secara offline harus menentukan cara yang tepat untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM. Berikut ini terdapat tips mengoptimalkan transformasi digital untuk Sobat LinkUMKM yang dilansir dari Kompas.com:

  1. Aktif di Website dan Media Sosial (Online Presence)

Online presence dapat diartikan bisnis kamu baik website maupun media sosial, mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari para pengguna internet dibandingkan dengan kompetitor. Dalam mengoptimalkan digitalisasi UMKM, fungsi utama dari online presence adalah menggaet pelanggan baru ketika mereka mengunjungi platform bisnis kamu.

  1. Sistem Pembayaran Digital

Pembayaran digital ini pastinya wajib dilakukan karena proses digitalisasi bisnis tidak akan bisa berlangsung apabila suatu bisnis belum menyiapkan metode pembayaran online. Saat ini, banyak layanan pembayaran online yang ditawarkan untuk membantu para pelaku UMKM dalam menerapkan sistem pembayaran digital.

  1. Komunitas Belajar tentang Digitalisasi UMKM

Menyusun strategi untuk memajukan usaha UMKM memang penting, namun menambah wawasan juga tak kalah penting dalam menjalani suatu bisnis. Dengan memperbanyak ilmu Kamu tentang digitalisasi UMKM dengan sesama pelaku bisnis, khususnya yang sudah UMKM go online. Jangan malu untuk bertanya sebanyak-banyaknya dengan mereka yang sudah berpengalaman. Kamu bisa mengajukan pertanyaan yang perlu kita bantu kepada pakar melalui Klinik UMKM dengan klik UMKM Smart lalu pilih Konsultasi

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1446 seconds