Tips Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Membuat Desain Kemasan (Kompas.com)

LINK UMKM -  Di era globalisasi seperti sekarang di mana situasi persaingan dalam pasar semakin tajam, “estetika” dapat berfungsi sebagai suatu “perangkap emosional” yang sangat ampuh untuk menarik perhatian para pembeli atau pelanggan. Visual merupakan kekuatan utama yang dapat memikat audience pada pandangan pertama. Maka dari itu, desain kemasan produk memegang peranan penting bagi kesuksesan sebuah produk.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik brand terhadap pembuatan desain kemasan produknya. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan brand awareness serta image produk yang nantinya akan diluncurkan. Berikut ini terdapat 5 tips untuk membuat desain kemasan produk yang menarik untuk Sobat LinkUMKM yang dilansir dari Kompas.com:

  1. Menggunakan desain yang sederhana

Kamu bisa membuat desain yang simpel namun tetap menarik jangan membuat desain yang terlalu rumit karena kesan yang ditampilkan akan membingungkan para pelanggan. Dengan membuat desain kemasan produk yang mudah dibawa dan juga lebih mudah dikonsumsi para pelanggan.

  1. Menggunakan warna yang cerah

Warna-warna cerah yang sering dijadikan sebagai warna dasar kemasan adalah merah dan kuning. Kamu juga bisa memilih warna yang sedang hype atau diminati banyak orang, misalnya warna sage green atau purple lilac atau dengan memilih warna yang senada dengan produk.

  1. Menjaga kualitas kemasan

Sebagai pemilik bisnis, sangat penting untuk memilih bahan kemasan yang sesuai dengan produk yang dijual. Selain itu, bahan tersebut harus memiliki kualitas yang baik agar dapat menjaga keamanan produk selama proses distribusi. Pemilihan bahan kemasan yang tepat akan membantu memastikan produk terjaga dengan baik selama proses distribusi dan sampai akhirnya di tangan pelanggan.

  1. Menambahkan informasi produk

Pastikan kemasan produk yang kamu pakai mencantumkan informasi produk dengan jelas. Pastikan informasi yang kamu cantumkan tidak terlalu panjang, ya. Dengan menggunakan kalimat yang padat dan mudah dipahami. Jangan lupa juga untuk memilih font yang menarik namun tetap mudah dibaca oleh calon pelanggan.

  1. Kemasan mempunyai legalitas

Legalitas menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting dengan mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang memang berwenang dengan produk-produk yang kamu produksi sehingga produk kamu lebih terjamin kesehatannya dan lebih tepercaya. Contohnya legalitas dari Badan Pengawas makanan dan Obat, Dinas Kesehatan, maupun sertifikasi halal.

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1462 seconds