5 Tips Dekorasi Ruang Tamu agar Terlihat Rapih dan Luas

Jumat, 17 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Ruang Tamu (freepik/macrovector)

LINK UMKM -  Ruang tamu adalah menjadi area yang paling sering digunakan untuk bersantai dan menyambut keluarga ataupun menyambut tamu. Banyak orang yang berpikir apabila keadaan ruang tamu sempit, maka akan memengaruhi suasananya.

Kamu bisa memberikan tampilan yang luas pada ruang tamu kamu yang sempit dengan memilih pelapis yang tepat, furniture yang rendah, dan elemen dekorasi lainnya.

Dilansir dari kumparan.com terdapat beberapa tips untuk mendekorasi ruang tamu agar terlihat rapih dan luas, diantaranya adalah :

  1. Sesuaikan ukuran jenis sofa

Pilihlah sofa yang sederhana dengan warna yang sesuai. Supaya desain ruang tamu minimalis lebih proposional, letakkan meja dan stand lamp dengan bentuk ringan yang akan memberikan kesan luas dan lapang pada ruang tamu. Sofa adalah bagian penting dari komponen ruang tamu. Memang ada juga ruang tamu yang didesain tanpa sofa, hanya duduk secara natural atau melantai di ruang tamu.

  1. Tambahkan benda yang multifungsi

Perabot multifungsi bisa menjadi salah satu cara dekorasi ruang tamu yang kecil karena akan meminimalkan penumpukan barang di dalam ruangan. Selain itu, menggunakan perabot multifungsi secara otomatis akan membuat rumah Anda terlihat lebih fleksibel dan fungsional. Salah satu contoh barang yang bisa dipilih adalah rak penyimpanan serbaguna sebagai penyekat ruangan.

  1. Menggunakan warna cat yang terang

Salah satu ide untuk menyiasati ruang tamu Anda yang berukuran terbatas agar tetap terlihat luas yaitu dengan menggunakan cat dinding berwarna putih, abu muda, krem, warna-warna netral yang terang karena dapat memberi kesan bersih dan lapang. Warna terang juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna-warna ceria yang berani sebagai aksen ruangan agar terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

  1. Tambahkan cermin

Banyak rumah dengan desain kekinian yang sengaja meletakkan cermin bulat atau cermin besar menempel pada dinding. Meletakkan cermin akan memberikan tampilan luas pada ruang tamu kamu, loh. Tidak hanya itu, tren mirror selfie yaitu swafoto di depan cermin sedang menjadi tren terkini yang dilakukan banyak orang.

  1. Gunakan tanaman hias kecil sebagai aksen hijau

Pecinta tanaman hias hidup atau sintetis juga bisa memanfaatkan space kosong di ruang tamu untuk memajang koleksinya. Selain manfaatnya dapat membuat ruangan menjadi fresh, memajang tanaman akan membuat ruang tamu jadi lebih hidup.

***

GN/WW

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1432 seconds