Tips Mengelola Hasil Panen Agar Bertahan Lama

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Tips Mengelola Hasil Panen Agar Bertahan Lama (freepik/jcomp)

LINK UMKM -  Panen jadi peristiwa yang dinanti-nanti oleh petani atau yang memiliki lahan. Tapi kejadian yang dinanti ini jika tidak dimanfaatkan dengan tepat dan cepat justru akan menyebabkan hasil panen ini berlebihan dan bahkan akan mengalami pembusukan. Hasil panen ini tergolong bahan organik yang tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama. Hasil panen ini biasanya akan diolah dan didistribusikan untuk memenuhi berbagai aspek kebutuhan pangan.

Namun, jika terlalu lama hasil panen berdiam di gudang penyimpanan itu akan menjadi hal yang buruk serta merugikan petani. Melansir dari ilmubudidaya.com, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga hasil panen bertahan lama:

1. Teknologi pangan

Dalam mengelola hasil panen, dapat digunakan pula dengan teknologi pangan untuk mengolah makanan. Cara yang dilakukan adalah dengan mengubah hasil panen menjadi makanan atau olahan tertentu agar dapat bertahan lebih lama. Saat menggunakan teknologi pangan pula secara tepat dapat mengurangi hasil panen yang berlebih. Teknologi pangan juga dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas, higienis dan memiliki harga jual yang lebih tinggi dari sebelumnya.

2. Menjaga kebersihan hasil panen

Setelah panen biasanya terdapat hama yang tertinggal pada hasil panen, hal itu jika tidak dibersihkan dengan baik akan mengalami kerusakan yang lebih cepat sampai kebusukan hasil panen. Sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu buah dan sayuran dengan benar sebelum dikemas atau disimpan.

3. Menyediakan tempat penyimpanan yang baik

Hasil panen ini dapat bertahan lebih lama ketika disimpan di ruangan pendingin atau lemari es. Suhu dingin yang stabil dapat membantu buah dan sayur tahan lebih lama. Sebelum disimpan di ruangan pendingin pastikan terlebih dahulu buah dan sayuran sudah dikeringkan dengan baik, karena sisa air yang menempel pada hasil panen, nantinya akan menyebabkan terjadinya pembusukan.

4. Mengeringkan hasil panen

Ketika kadar air pada hasil panen telah dikeringkan, dampaknya hasil panen akan bertahan lebih lama. Caranya dapat dilakukan dengan menjemur hasil panen di bawah terik matahari. Namun, cara ini bergantung pada pada panas sinar matahari dan tidak semua hasil panen dapat melakukan ini.

Melalui langkah-langkah tersebut selain untuk membuat hasil panen bertahan lebih lama, hasil panen juga dapat meningkatkan nilai juga. Maka sangat dianjurkan petani apabila memiliki hasil panen yang berlebih dan punya jangka waktu yang cepat untuk dilakukan pengolahan lanjutan.

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1288 seconds