Upaya untuk Meningkatkan Efektifitas Komunikasi dalam Bisnis

Kamis, 24 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Komunikasi dalam Bisnis (Freepik/user5240577)

LINK UMKM -  Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan dan informasi antara dua orang atau lebih untuk mencapai efek positif atau yang diinginkan.

Di awal milenium baru, dunia bisnis dalam menghadapi banyak masalah yang kompleks. Tidak hanya itu cakupan bisnis yang terdiversifikasi, namun beberapa cakupan bisnis menjadi isu yang sangat dalam.

Dilansir dari kompasiana.com Komunikasi bisnis adalah sebuah proses pertukaran informasi antara orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Komunikasi bisnis yang efektif yaitu bagaimana karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan bisnis.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan mengurangi kesalahan. Tidak peduli seberapa berbakat orang tersebut, tidak peduli seberapa hebat timnya, tidak peduli seberapa kuat kasusnya, Anda tidak dapat berhasil tanpa menguasai keterampilan komunikasi yang efektif.

Komunikasi bisnis yang sukses memiliki unsur-unsur berikut:

  • Pertukaran pendapat.
  • Informasi, ide, pendapat, atau instruksi yang membentuk isi pesan.
  • Saluran pribadi atau non-pribadi.
  • Isyarat atau simbol sebagai alat dan cara yang dipahami dan dipahami oleh penerima untuk menyampaikan suatu pesan.
  • Pencapaian tujuan sebagai hasil akhir.

Dalam proses komunikasi, pesan atau informasi yang dikirim diterima dengan perbedaan penerima pesan/informasi yang berbeda karena perbedaan latar belakang, persepsi, budaya, dll. Oleh karena itu, setiap pesan atau informasi yang dikirimkan harus memperhatikan beberapa hal, seperti, Penyusunan yang cermat dan penyajian referensi teori yang valid.

Dalam komunikasi bisnis, pesan Anda tidak hanya informatif tetapi juga berguna bagi pihak lain untuk memahami atau percaya atau bertindak atau bertindak. cukup dengan sukarela menerima.

Di era globalisasi, dunia bisnis menghadapi lingkungan yang semakin kompetitif, sehingga tantangan bagi para eksekutif di masa depan akan relatif sulit. Manajer harus mengembangkan keterampilan antar budaya, misalnya berurusan dengan budaya yang berbeda, gaya manajemen/bisnis di negara lain serta kerja tim di perusahaan dan dalam aliansi strategis dengan mitra bisnis.

***

GN/MRA

Komentar (0)