5 Tips Investasi untuk Pemula. Dijamin Manjur!

Kamis, 24 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Investasi (freepik/our-team)

LINK UMKM -  Tips Investasi untuk pemula memang kerap diperlukan, terutama bagi kamu yang sama sekali memang belum pernah berinvestasi sebelumnya, karena pada dasarnya berinvestasi itu tidaklah mudah dan penuh dengan tantangan. Bahkan bagi seseorang yang telah berpengalaman berinvestasi pun kadang menemui banyak kendala. Namun kamu tidak perlu ragu dan takut untuk memulai berinvestasi ya.

Pada awalnya mungkin kamu akan kebingungan harus mulai dari mana sebelum berinvestasi, karena biasanya ada banyak faktor yang akan mempengaruhinya, mulai dari aman atau tidaknya investasi tersebut, berapa besar keuntungan yang akan diperoleh hingga berbicara masalah kerugian.

Dilansir dari akubisnis.com Ketika kamu sudah siap untuk berinvestasi, artinya kamu sudah siap untuk menanggung segala risiko yang ada ya, terutama kerugian. Yah namanya juga investasi tidak selamanya menguntungkan, ada kalanya juga menanggung rugi.

Namun, sekali lagi guys, kamu tidak perlu risau dan takut untuk berinvestasi, karena Tim LINKUMKM ingin berbagi tips investasi untuk pemula yang bisa kamu coba terapkan berikut ini :

1. Tetapkan tujuan investasi

Sebenarnya apa sih tujuan dari investasi itu? Kalau muncul pertanyaan seperti ini, sebagian besar investor akan langsung mejawab menghasilkan lebih banyak uang. Yup jawaban ini memang tidak sepenuhnya salah, karena sebagian besar orang berinvestasi untuk mendapatkan uang. Namun alangkah lebih baiknya lagi jika kamu juga memikirkan, untuk apa uang hasil investasi tersebut akan digunakan nantinya.

2. Perhatikan kondisi keuangan

Tips investasi untuk pemula yang juga perlu kamu perhatikan adalah hitung berapa banyak uang yang akan kamu investasikan. Pastikan bahwa kamu punya uang yang cukup untuk membayar biaya dan kebutuhan lainnya, agar tidak menjadi kendala di kemudian hari saat kamu berinvestasi.

3. Investasi sejak usia dini

Kamu bisa memulai investasi kecil-kecilan sejak usia dini, misalnya menabung di celengan. Kebiasaan yang kerap dianggap sepele ini juga termasuk investasi loh, karena kita semua tahu bahwa begitu banyak manfaat menabung sejak usia dini. Salah satu manfaatnya adalah kamu akan lebih disiplin dan lebih menghargai uang.

4. Konsisten dalam berinvestasi

Tips berikutnya adalah konsisten menjalani rencana investasi yang kamu lakukan. Salah satu cara yang bisa kamu pilih adalah investasi secara otomatis setiap bulan. Kamu bisa mengatur rencana investasi otomatis ini lewat berbagai perusahaan jasa pialang dan juga bank. Namun yang paling mudah adalah investasi di bank.

5. Pelajari terus pengetahuan tentang investasi

Meski saat ini kamu tengah menjalani investasi, kamu juga perlu mempelajari berbagai hal seputar investasi, mulai dari pengetahuan dasar investasi, tujuan investasi hingga mempelajari jenis-jenis investasi yang ada, sehingga kamu akan mengetahui bagaimana membuat keputusan yang tepat.

Nah demikian tips paling mendasar yang bisa dibagikan untuk kamu yang baru mau mulai berinvestasi. Kini tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak berinvestasi bukan?

***

GN/MRA

Komentar (0)