5 Manfaat Dahsyat Menabung Sejak Dini

Kamis, 24 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Menabung Sejak Dini (Freepik/freepik)

LINK UMKM -  Dilansir dari akubisnis.com Kebiasaan menabung sejak usia dini, ternyata memberikan banyak manfaatnya loh. Manfaat menabung sejak dini tidak hanya bermanfaat untuk jangka pendek saja, melainkan untuk jangka panjang, bahkan hingga kita sudah dewasa dan memiliki anak. Rajin menabung sejak kecil, akan memudahkan kita dalam mengelola uang sendiri.

Orang tua kita sudah sering kali memberikan nasihat untuk menyisihkan sebagian uang jajan, agar kita punya tabungan untuk menghadapi masa depan. Meski jumlah uang yang kita sisihkan nilainya kecil, akan tetapi jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin dan konsisten, maka jumlahnya akan menjadi besar. Nasihat orang tua tentang menabung ini memang perlu diterapkan secara intens.

Apa saja sih Manfaat Menabung?

Sebenarnya manfaat dari menabung itu cukup bervariasi dan setiap orang bisa saja memiliki tujuan yang berbeda. Nah Tim LINKUMKM di sini ingin berbagi manfaat secara umum dan paling dahsyat yang bisa kita rasakan saat kita disiplin menabung sejak kecil.

1. Bisa mengahrgai uang dengan lebih baik

Mulai dari kecil, sebaiknya pahami bahwa konsep dari menabung adalah menyimpan uang untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Selain itu juga pahami bahwa uang didapat dengan cara tidak mudah dan harus melalui kerja keras. Dengan demikian kita bisa lebih menghargai uang dan tidak lagi menghamburkannya untuk sesuatu yang tidak bermanfaat.

2. Menumbuhkan sikap lebih mandiri

Manfaat menabung sejak dini yang selanjutnya adalah mampu menumbuhkan sikap yang lebih mandiri dalam mengelola keuangan, terutama saat kita mulai beranjak dewasa. Kita juga cenderung akan memiliki rasa tanggung jawab yang kuat, ketika kita menyadari bahwa uang didapat melalui usaha dan kerja keras. Karena rasa tanggung jawab tersebut, muncul sikap untuk tidak membebani orangtua kita terus menerus secara finansial.

3. Lebih disiplin secara finansial

Saat kita memiliki sikap yang baik untuk bisa menghargai uang, biasanya kita cenderung akan memiliki kedisiplinan yang tinggi untuk urusan finansial. Kita juga jadi enggan untuk membeli sesuatu yang dianggap kurang atau tidak penting. Selain itu, kita juga jadi terbiasa mendahulukan kebutuhan daripada keinginan.

4. Lebih rajin mencatat arus kas

Manfaat selanjutnya adalah kita jadi lebih rajin mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran. Kebiasaan menabung, membuat kita jadi lebih dispilin dalam menjalankan kebiasaan mencatat arus kas. Kita juga jadi tahu ke mana saja dan untuk apa uang tersebut digunakan.

5. Punya dana cadangan

Menabung sejak kecil selama bertahun-tahun, lalu kita buka tabungan tersebut saat kita beranjak dewasa, maka jumlah uangnya cukup banyak bukan? Uang yang kita tabung tersebut bisa berfungsi sebagai dana darurat maupun dana cadangan di saat kita membutuhkan sesuatu. Dengan demikian, kita tidak selalu tergantung kepada orang tua.

Pada praktiknya, untuk menumbuhkan kebiasaan menabung tidaklah mudah. Karena kondisi finansial setiap orang berbeda. Apalagi bagi generasi sandwich yang harus membiayai orang tua dan juga keluarga kecilnya.

***

GN/MRA

Komentar (0)