Sudah Punya WA Business? Aplikasikan Tips-Tips Berikut Ini!

Selasa, 25 Oktober 2022 | 00:00 WIB

WA BISNIS WA BISNIS WA BISNIS WA BISNIS

LINK UMKM - Whatsapp sebagai salah satu layanan penyedia jasa pesan singkat hingga kini telah memberikan berbagai terobosan melalui berbagai fitur yang dirilisnya. Salah satu terobosan yang dikeluarkan oleh Whatsapp adalah Whatsapp Business yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam menjangkau pelanggan serta memasarkan produk-produk milik mereka.

WA Business didesain sedemikan rupa agar dapat mempermudah para penggunanya dalam mengelola bisnisnya, terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan para pelaku usaha dalam mengelola komunikasi dengan pelanggan. Beberapa tips fitur tersebut antara lain:

  • Aktiifkan fitur greeting dan away massage

Salah satu fitur dari WA Business yang sangat membantu para pelaku usaha adalah fitur greeting dan away massage. Fitur ini membuat pelanggan yang mengirimkan pesan chat ke akun Wa Business akan menerima reply instan berisi sapaan dan informasi tambahan yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. Fitur ini memudahkan pelanggan mengetahui informasi terkait produk maupun status penjual sehingga pelanggan tidak merasa ditinggalkan.

  • Ciptakan broadcast untuk memberikan informasi dan promosi terbaru

Pesan promosi menjadi salah satu cara yang cukup efektif dalam menggaet pelanggan. Praktik ini mungkin sudah sejak lama diterapkan mulai dari membagikan selebaran promosi secara langsung hingga kini bertransformasi ke bentuk digital. Oleh karena itu penting untuk membuat broadcast di WA Business yang berisikan informasi dan promosi dari usaha milik kita. Fitur broadcast ini mampu mengirimkan pesan ke 256 pelanggan dalam satu kali kirim sehingga jangkauan audiens dari promosi usaha dapat lebih luas tercapai dalam waktu singkat.

  • Buat kategori kontak menggunakan label 

Whatsapp Business memiliki fitur label yang dapat digunakan untuk menandai kontak atau pesan tertentu. Melalui label yang dikenakan pada kontak atau pesan tertentu, pemilik usaha dapat menandai para palanggannya sesuai urgensinya. Misalnya pelanggan dapat dilabeli dengan kategori new customer, new order, pending payment, paid, dan order complete. Fitur ini pun mudah untuk diaktifkan, cukup klik dan tahan pesan yang ingin ditandai lalu pilih ikon label dan tinggal pilih label yang ingin dipasang pada pesan tersebut. 

  • Gunakan fitur quick replies

Fitur terakhir yang penting untuk diaktifkan adalah fitur quick replies, dengan banyaknya pelanggan yang dilayani fitur ini akan sangat membantu para pemilik usaha dalam menangani semua chat yang masuk. Beberapa pelanggan memiliki pertanyaan yang sama sehingga kadang kita harus menjawab berbagai jawaban yang sama untuk banyak orang, nah untuk memecahkan permasalahan ini maka diciptakanlah fitur quick reply yang berisi beberapa template pertanyaan dan jawaban yang umumnya ditanyakan oleh pelanggan. Sebelum mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu siapkan daftar FAQ (frequently asked question) kemudian buka menu pengaturan lalu pilih menu business setting lalu pilih quick replies. Cara kerja fitur ini dapat digunakan dengan mengetik simbol “/” dan kemudian pola yang sudah disiapkan akan muncul lalu fitur quick replies sudah siap untuk digunakan.

***

GH/EBE

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1511 seconds