Rekomendasi Ikan Hias Yang Mudah Dipelihara Untuk Koleksi di Akuarium

Senin, 10 Oktober 2022 | 08:00 WIB

ilustrasi akuarium ikan hias

LINK UMKM - Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang tidak hanya ditangkap untuk keperluan konsumsi saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan lainnya. Salah satu fungsi lain dari ikan adalah fungsi rekreatif dimana ikan dapat menjadi penghias yang dipelihara dan ditampilkan melalui akuarium. 

Ikan hias yang dipelihara di akuarium pun memberikan unsur dekoratif yang menambah nilai estetika serta menarik perhatian orang yang berada di dalam rumah. Banyak orang yang memelihara ikah hias di akuarium sebagai media pelepas stress. Berbagai ornamen dan ikan hias yang beraneka ragam memberikan warna dan keindahan tersendiri yang membantu merilekskan tubuh dan pikiran. 

Namun memelihara ikan di akuarium membutuhkan ketelatenan dan perawatan yang ekstra, oleh karena itu diperlukan perhatian khusus. Sebenarnya salah satu cara untuk meringankan beban perawatan ikan hias adalah dengan memelihara jenis-jenis ikan hias yang relatif lebih mudah untuk dirawat. Berikut beberapa jenis ikan hias dengan pola perawatan yang relatif mudah:

  • Rainbowfish

Rainbowfish merupakan jenis ikan yang berasal dari Australia dan Asia Tenggara. Ikan jenis ini terbilang jinak dan hidup dalam kawanan serta mampu tumbuh hingga sepanjang 6 inci. Corak berwarna di tubuhnya akan mulai muncul ketika memasuki usia dewasa, dan dapat lebih cepat lagi muncul jika dirawat dengan baik.

  • Ikan Cupang

Beberapa tahun lalu ikan cupang sempat menjadi incaran banyak orang, dan hingga kini pun ikan cupang tetap menjadi salah satu jenis ikan hias yang ramai peminat. Ikan cupang dapat dengan mudah kita temui, mulai dari pedagang pinggir jalan hingga ke toko-toko ikan hias. Ikan ini memiliki habitat asli yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Vietnam. Ikan cupang dibandrol dengan harga yang sangat bervariatif tergantung pada corak warnanya. 

  • Ikan Molly

Ikan molly merupakan jenis ikan kecil yang hanya tumbuh sapai ukuran 3-4 inci. Ikan jenis ini hidup dengan baik di dalam akuarium dengan pH antara 7,0 hingga 7,8. Ikan molly dapat dengan mudah beradaptasi, perawatannya juga terbilang mudah. Ikan molly berkambiak dengan mudah sehingga bisa dengan cepat menghasilkan keturunan yang cukpu banyak.

  • Ikan Sapu-Sapu

Ikan sapu-sapu atau yang dikenal juga dengan nama plecostumus merupakan salah satu jenis ikan hias yang unik karena memiliki pelat lapis baja dan bentuk mulut berbentuk penghisap yang dapat digunakan untuk memakan alga yang tumbuh di dalam akuarium. Ikan sapu-sapu mampu membersihkan akuarium, tetapi jenis ikan ini ternyata sangat sulit untuk dikembangbiakkan. 

  • Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan jenis ikan dengan corak warna-warni yang mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi perairan. Perawatan ikan guppy pun terbilang mudah dan ikan jenis ini pun mudah untuk berkembangbiak. Hal terpenting dalam merawat ikan guppy adalah menjaga konsistensi suhu airnya di antara 10 derajat celsius sampai 29 derajat celsius.

***

GH/EBE

Komentar (1)

  • Zaenal Arief

    17 November 2022 | 08:42:58 WIB

    ikan gupy saya punya banyak, adakah yang mau beli?

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.132 seconds