Cara Plating Makanan yang Elegan Ala Sajian Restoran Bintang Lima

Jumat, 29 Juli 2022 | 00:00 WIB

Cara Plating Makanan yang Elegan Ala Sajian Restoran Bintang Lima

LINK UMKM -  Cara plating makanan rupanya sangat penting dalam penyajian suatu masakan. Plating makanan juga menjadi salah satu kunci utama selain cita rasa untuk bisa menarik pelanggan untuk mencicipinya.

Bahkan tak jarang gara-gara plating makanan yang indah, mampu meningkatkan keinginan seseorang dalam menyantapnya.

Tampilan menarik menjadi daya tarik tersendiri pada makanan. Cara penyajian dan penataan makanan di atas piring dengan memperhatikan komposisi dan posisi makanan sangatlah penting khususnya bagi bisnis kuliner.

Ada trik-trik khusus yang perlu untuk diketahui sebelum melakukan plating makanan. Simak ulasan dilansir kumparan.com  cara plating makanan yang elegan bak sajian restoran bintang lima berikut ini :

  1. Memilih Alat Penyajian

Cara plating makanan yang perlu diperhatikan adalah pemilihan alat penyajian. Alat penyajian seperti piring, mangkuk hingga wadah menjadi salah satu faktor penting dalam menyajikan makanan. Siapa sangka, alat penyajian mampu membantu membangkitkan selera makan.

Memilih ukuran alat penyajian juga cukup penting. Hindari penggunaan alat penyajian yang terlalu kecil. Karena hal itu justru akan membuat tampilan makanan menjadi kurang fokus. Hindari pula pemilihan alat penyajian yang terlalu besar karena nantinya akan membuat porsi makanan terkesan menjadi terlalu sedikit.

  1. Mengatur Posisi Makanan

Cara plating makanan kedua yang perlu diperhatikan adalah mengatur letak dan porsi makanan yang akan disajikan. Kalian dapat mengatur letak makanan berdasarkan nutrisinya dengan komposisi ibarat jam. Misalnya sumber protein seperti daging dan ikan di antara jam 3 dan 9, karbohidrat seperti nasi atau kentang di antara jam 9 dan 12 hingga sayuran di antara jam 12 dan 3.

Kalian juga bisa menerapkan teknik rules of third, di mana mengatur titik fokus penataan makanan yang diletakkan di bagian agak tepian piring, bukan di tengah. Lauk atau bahan utama ditempatkan sedikit agak keluar dan saling merapat.

  1. Gunakan Saus Sebagai Hiasan

Kalian dapat menyebarkan saus tipis-tipis di sekitar makanan. Selain itu, juga bisa meletakkan makanan kering dan garing di atas saus yang cair. Kalian juga bisa memberikan tambahan bahan renyah yang menyeimbangkan tekstur nasi atau bubur yang lembut.

Akan tetapi jika saus merupakan bagian tambahan dari bahan utama dan jumlahnya banyak, tempatkan di wadah terpisah.

  1. Perhatikan Warna

Selain menentukan titik fokus pada bagian protein atau karbohidrat, kalian dapat menggunakan warna-warna cerah dan menarik untuk menambah keindahan pada tampilan makanan.

Warna-warna tersebut bisa berasal dari saus, kacang-kacangan, sayur ataupun garnish yang sesuai. Kalian pun juga bisa menggunakan batang sereh, bahan gorengan atau sayuran untuk membuat makanan menjadi lebih menarik dan menggugah selera. Seperti tampilan pada penyajian steak. 

  1. Tambahkan Garnish atau Hiasan yang Tepat

Cara plating makanan berikutnya adalah penambahan garnish atau hiasan. Garnish bukan hanya sebagai penghias makanan saja, tetapi juga bisa menjadi pelengkap rasa dan tekstur.

Kalian dapat memilih garnish yang bisa dimakan. Misalnya seperti lada maupun bawang goreng. Sehingga nantinya garnish dapat melengkapi rasa makanan dan tidak terbuang cuma-cuma.

Kalian dapat menata garnish dengan ditabur di bagian atas makanan utama dan tidak dipisah. Gunakan secukupnya, jangan terlalu banyak. Hindari penggunaan garnish yang berbau tajam dan rasanya tidak sesuai, karena hal tersebut dapat merusak selera makan.

 

Komentar (1)

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    3 Agustus 2022 | 08:23:47 WIB

    Info yg sangat menarik

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1427 seconds