Begini Cara Menyajikan Sarang Burung Walet yang Baik

Senin, 6 Juni 2022 | 12:07 WIB

Olahan sarang burung Walet,-(Ist).

LINK UMKM -  Sarang burung Walet memang sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia, makanya banyak orang yang mencarinya untuk dikonsumsi.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, sarang burung walet juga memiliki rasa yang manis dan baik dikonsumsi harian sebagai makanan camilian produktif bergizi tinggi.

Maka alangkah baiknya, jika saerang burung Walet juga dijadikan bisnis untuk disajikan dalam berjualan.

Sebelum memulai mengolah sarang burung walet, perlu diketahui bahwasanya sarang burung walet terbuat dari air liur burung walet.

Yah, terdengar kurang mengenakan. namun kandungan kolagen dan asam amino sarang burung walet di dalamnya sangat berguna bagi tubuh, seperti kolagen dan asam amino.

Namun dalam mengolahnya, supaya kandungan zat yang terdapat pada sarangnya tidak hilang, juru masak harus memahami bagaimana cara memasaknya dengan benar.

Berikut cara mengolahnya:

Pertama-tama bersihkan sarangnya terlebih dulu.
Untuk menghasilkan olahan sarang burung walet yang lezat, dibutuhkan cara memasak yang tepat pula. sebelum dimasak, sarang burung walet harus dibersihkan terlebih dahulu. hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang masih tertinggal di dalamnya dengan memasukan sarang tersebut ke dalam mangkuk.

Berikutnya, masukkan air bersih ke mangkuk sampai dengan merendam seluruh permukaan sarang burung walet yang ada. cara Ini dilakukan agar sarang burung walet dapat menyerap air tersebut.

Untuk memastikannya benar-benar bersih, air yang digunakan untuk merendam walet bisa diganti satu hingga dua kali, kemudian lakukan proses ini secara berulang sebanyak 3-4 kali.

Setelah direndam air, usahakan lebih dari tiga hingga delapan jam agar bentuk sarang semakin melebar dan teksturnya berubah menjadi lebih lembut.

Selanjutnya, saat proses pembersihan, terkadang menemui sedikit bulu-bulu halus ataupun serpihan kotoran yang masih menempel.

Untuk menjaga kualitas kebersihannya, disarankan untuk mengambil sisa kotoran tersebut dengan gunting kecil, pinset ataupun benda lainnya yang bisa menjangkau seluruh permukaan sarang tanpa merusaknya. sangat Diperlukan keterampilan dan kehati-hatian agar sarang walet tidak robek ataupun terbelah karena kesalahan yang tidak sengaja dilakukan.

Memasak Sarang Burung Walet yang Tepat

Disarankan untuk tidak memasaknya secara tradisional dengan membakarnya di atas api secara langsung. Hal tersebut akan membuat khasiat sarang burung walet menurun jika dipanaskan lebih dari 80 derajat celcius.

Sarang burung walet akan diletakan di dalam mangkuk sebelum diletakan di dalam panci berisi air. Teknik ini disebut sebagai double boiling. (seperti penjelasan diatas). Selain dengan merebus, cara memasak sarang burung walet juga dapat dilakukan dengan metode pengukusan. Untuk aneka kreasi lainnya, bisa ditambahkan sesuai selera. Namun, pastikan bahwa resep sarang burung walet yang digunakan sesuai dan tidak menghilangkan manfaat dari sarang walet.

Sarang burung walet bisa disajikan sebagai sup atau es sesuai dengan selera. Apabila ingin mengolah sarang burung walet sebagai sup, hal-hal yang harus diperhatikan yakni bahan-bahan yang tepat dan cara pemasakan. Bahan-bahan pembuatan sup burung walet, diantaranya:

  • Sarang burung walet sebagai bahan utama
  • Air bersih satu mangkuk
  • Gula batu atau dapat juga diganti dengan madu mentah organik
  • Sebagai tambahan, juga bisa memasukan kurma merah, ginseng korea, dan lengkeng kering. Setelah bahan-bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah memasak sup sarang burung walet.

Langkah pertama juga menaruh sarang burung walet ke dalam mangkuk.
Selanjutnya, tuang air ke dalam mangkuk yang telah terisi hingga penuh. juga bisa menambahkan bahan tambahan lain seperti kurma merah atau ginseng korea.

Didihkan air selama kurang lebih 15 menit.
Setelah mendidih, campurkan gula batu ke dalam sup. Menikmati sup sarang walet selagi masih hangat adalah dapat membuat tubuh kembali bugar.

Apabila sajian diutamakan makanan atau minuman segar, sup burung walet yang tadi dimasak dapat diubah menjadi minuman. Caranya sangat mudah, setelah setelah selesai dimasak, segera tuang ke dalam botol minuman, lalu letakan di dalam kulkas.

Selain cara memasak, waktu memakan sarang burung walet juga harus diperhatikan. Karena sarang burung walet termasuk tonik, maka cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah saat perut belum terisi. Saat terbaik konsumsi sarang burung walet ialah sebelum memakan apapun supaya penyerapan nutrisi oleh tubuh bisa dilakukan dengan lebih baik.

Keunggulan minuman sarang walet yang dikonsumsi secara rutin ialah membantu upaya memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, menjaga sistem imun, merawat kulit, dan berbagai manfaat lainnya. ***

Komentar (1)

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    26 Juni 2022 | 19:30:24 WIB

    Info yg sangat bermanfaat

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.143 seconds