Begini Cara Menghasilkan Cuan dari Hobi Fotografi

Rabu, 13 April 2022 | 00:00 WIB

Begini Cara Menghasilkan Cuan dari Hobi Fotografi

LINK UMKM - Memiliki hobi photography tidak ada salahnya jika hobi tersebut menjadi hobi yang menghasilkan. Banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen atau hari penting.

 

Lantas bagaimana cara memulainya? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dilansir dari Forbes.

 

Beli peralatan yang tepat

Untuk menetapkan diri sebagai fotografer, kamu haru memerlukan peralatan terbaik. Studio profesional tidak hanya membutuhkan kamera tetapi juga lampu, reflektor, dan backdrop. Fotografer perlu berinvestasi dalam kamera dan aksesori berkualitas karena subjek lebih spontan.

 

Kemudian, yang tak kalah penting kamu juga perlu mempersiapkan perangkat lunak untuk mengedit foto, seperti Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Pastikan laptop atau komputer juga memiliki memori dan koneksi internet yang cukup agar dapat mengedit dan kemudian diberikan kepada klien.

 

Pertimbangkan ceruk

Pada saat yang sama ketika membeli peralatan, kamu pasti ingin mengetahui ceruk. Hal ini untuk memaksimalkan modal dan peralatan yang diperlukan. Ada banyak fotografer berbakat tetapi kamu dapat menciptakan keunggulan dalam bisnis fotografi dengan menyediakan layanan yang mungkin tidak dimiliki yang lain.

 

Lakukan riset pasar

Sebelum mulai menerima klien, tentukan tarif dan sistem perjanjian pembayaran. Menawarkan tarif tetap juga bagus untuk pelanggan. Kamu dapat menawarkan berbagai paket kepada klien sehingga mereka tahu persis apa yang didapatkan dan kamu akan tahu persis pekerjaan apa yang diharapkan. Untuk mengetahui pesaing di bisnis fotografi, kamu harus meneliti penawaran mereka dan melihat apa yang kurang. Mengisi celah di pasar selalu menjadi kemungkinan bagi usaha baru.

 

Tetapkan kehadiran di platform online

Sebelum ada yang mempekerjakan, klien ingin melihat contoh pekerjaan. Gunakan pembuat situs web portofolio untuk menampilkan gambar yang benar-benar hasil keahlian kamu sendiri dan pastikan kontak dan harga juga ditampilkan. Fotografi sendiri merupakan industri visual. Untuk itu, memiliki situs web profesional sangat penting untuk memberikan kesan positif kepada calon klien, bahkan sebelum bertemu.

Komentar (1)

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    28 April 2022 | 14:40:26 WIB

    Info menarik

    9 bulan lalu