Tips Melakukan Promosi dengan Memanfaatkan Momen Ramadhan

Senin, 11 April 2022 | 00:00 WIB

Tips Melakukan Promosi dengan Memanfaatkan Momen Ramadhan

LINK UMKM -Siapa sih para pelaku usaha yang tidak memanfaatkan momen puasa ini untuk memberikan promosi pada penjualannya. Saat ini promosi dengan memanfaatkan bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform digital yang saat ini banyak digandrungi.

Berdasarkan data yang dirangkum dari perusahaan periklanan online Criteo, menemukan bahwa penjualan di Indonesia dan Malaysia mencapai angka 111 juta transaksi selama bulan Ramadhan. 

Menariknya, Perusahaan yang berbasis di Paris, Prancis ini mengatakan jika 53% pelanggan membeli melalui komputer desktop dan 68% pelanggan melalui ponsel secara online.

Diperkuat dengan analisa Forbes yang juga menjelaskan jika orang-orang membeli produk atau layanan karena melihat iklan yang mereka terima dan meningkat rata-rata 20% selama bulan Ramadhan. 

Dalam hal ini, berarti bagian terpenting dari penjualan adalah promosi, tanpa adanya promosi yang baik apalagi penjualan yang meningkat produk kamu bahkan tidak akan dikenal.

Nah, berikut ini tips promosi saat bulan ramadhan yang bisa kamu lakukan. Simak dibawah ini ya.

  1. Buat konten yang menarik selama bulan Ramadhan

Di dalam proses ini, kamu diharuskan untuk mengoptimalkan ide konten agar menjangkau lebih banyak konsumen dan tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Buat konten yang semenarik mungkin agar orang yang melihatnya mencari tahu tentang produk yang kamu jual. Sesuaikan konten kamu dengan waktu puasa dan target pasar. Pahami kebutuhan konsumen melalui konten yang akan dibuat. 

Kamu juga bisa memanfaatkan tren yang sedang ramai dibicarakan saat ini atau membuat sebuah inovasi baru yang unik dan berbeda dari produk lain.

  1. Berikan ciri khas Ramadhan pada produk

Disini, kamu bisa mengemas produk dengan nuansa warna hijau atau misalnya jika kamu menggeluti bisnis kuliner, kamu bisa mendesain wadah makanan berwarna hijau atau menghiasnya dengan nuansa Ramadhan. 

Tidak luput juga di media sosial, kamu bisa mendesain gambar dengan nuansa Ramadhan untuk membuat profil Instagram lebih unik dan meriah.

  1. Sesuaikan waktu orang-orang online 

Ketika bulan Ramadhan tiba, kebiasaan tertentu akan berubah. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat menggunakan smartphone. Pola aktif di media sosial atau sekedar berselancar di internet akan sedikit berubah, saat buka puasa atau sahur.

  1. Memaksimalkan penggunaan media sosial 

Media sosial saat ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi setiap orang. Oleh karena itu sangat penting untuk memaksimalkan penggunaan media sosial untuk kebutuhan pemasaran. Pastikan kamu selalu merespons pelanggan dengan cepat di jejaring sosial.

  1. Berikan promo khusus bulan Ramadhan

Kamu bisa membuat diskon khusus di bulan Ramadhan ini. Kamu bisa mempertimbangkan promo apa yang akan kamu tawarkan dan kamu dapat mengatur diskon khusus untuk setiap pembelian produk dengan nilai tertentu.

 

Komentar (1)

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    28 April 2022 | 14:29:13 WIB

    Promo atau iklan ternyata mahal.

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1536 seconds