6 Jenis Digital Marketing untuk Kamu Ketahui

Selasa, 22 Maret 2022 | 00:00 WIB

6 Jenis Digital Marketing untuk Kamu Ketahui  

LINK UMKM - Seiring perkembangan teknologi yang kian melesat, ditambah dengan banyaknya platform yang juga berkembang, membuat digital marketing kini dilirik para pelaku pebisnis. 

 

Mengutip dari laman WebFX, digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan teknologi digital, perangkat elektronik, Internet untuk menjangkau konsumen. Jaringan Internet menjadi andalan untuk digital marketing membangun identitas merek dan mengembangkan pemasaran.

 

Dilasnir dari kumparan.com, berikut ini lima jenis digital marketing. Mari disimak ya.

 

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu jenis digital marketing yang memerinci kata dan frasa. Itu digunakan konsumen untuk mencari informasi melalui daring (online). Penerapan SEO menggunakan kata kunci dalam daftar hasil pencarian yang berhubungan dengan pencarian konsumen.

 

Memanfaatkan SEO masih dipercayai memiliki dampak besar dalam mempromosikan dan memasarkan produk ataupun jasa secara digital, mengingat banyak orang akan terlebih dahulu berselancar di internet untuk mencari informasi terkait produk maupun jasa yang mereka butuhkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

 

  1. Search Engine Marketing (SEM)

SEO bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Search engine marketing (SEM) juga jenis digital marketing lainnya yang memungkinkan produk tampil di halaman pertama mesin pencari. 

 

Hanya saja, menerapkan SEM memang membutuhkan keahlian dan pendanaan yang berbeda dengan praktik digital campaign lainnya. Biasanya, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar di halaman pertama dan di posisi paling atas, serta dilengkapi tulisan “Ad” atau “iklan”. 

 

Kamu dapat menggunakan SEM dengan cara membeli spot iklan, contohnya di Google Ads. Agar hasil yang didapat bisa maksimal, kamu juga bisa bekerja sama dengan best digital agency Jakarta. Mereka akan dengan senang hati membantu kamu menerapkan digital marketing campaign yang paling sesuai dengan bisnis yang dikembangkan.

 

  1. Pay-per-click (PPC) Advertising

PPC merupakan iklan berbayar yang muncul di bagian atas hasil pencarian. PPC ditandai dengan kata iklan untuk memikat orang-orang dengan produk dan layanan perusahaan. PPC bergantung dengan seberapa banyak pencarian yang ada untuk kata kunci yang dicari. 

 

  1. Social Media Marketing

Social Media Marketing berguna untuk menjaga agar posting tetap konsisten. Perangkat daring tersedia untuk menjadwalkan posting media sosial. Konsistensi bertujuan untuk mendapat laba atas investasi kampanye tertentu akan memberikan nilai bagi perusahaan.

 

  1. Content Marketing

Content berarti posting blog, e-book, video digital, podcast yang memberikan nilai kepada konsumen. Bukan hanya memasarkan merek atau mencoba melakukan penjualan. Content marketing berguna untuk membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan. Itu bermanfaat untuk membuka peluang banyak keuntungan.

 

Sosial media marketing bisa dengan menggunakan Instagram atau Instagram Ads, Facebook Ads, bahkan Twitter Ads. Bisa pula dengan meningkatkan user generated content dengan mengajak pelanggan untuk memberikan testimoni positif di sosial media mereka masing-masing.

 

  1. Influencer Marketing

Strategi digital marketing melibatkan orang-orang yang memiliki pengaruh penting. Itu berguna untuk memikat konsumen dan perusahaan memasarkan merek, produk, atau layanan. Influencer memiliki banyak pengikut dalam media sosial. Itu berguna untuk menyebarkan produk terkait posting media sosial.

 

Bekerja sama dengan influencer akan membuat bisnis mampu menjangkau demografis pengguna sosial media yang lebih besar. Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan bisa berupa giveaway, memberikan kode diskon, melakukan lomba, dan sebagainya.



 

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1293 seconds