Kelebihan dalam Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis
Jumat, 18 Februari 2022 | 06:00 WIB
LINK UMKM - Digital marketing saat ini sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha. Terbukti jika kini banyak para pelaku usaha memanfaatkan digital marketing dibanding pemasaran konvensional. Terlebih, banyak orang yang yang kini gemar akan berbelanja online.
Media sosial merupakan peran penting menjadikan digital marketing lebih mudah diterapkan oleh pemilik usaha dan perusahaan-perusahaan. Mempromosikan branding produk baru dimudahkan dengan pemasaran memanfaatkan media sosial hingga situs e-commerce, dan platform lainnya.
Digital marketing wajib dikuasai saat ini. Hal itu agar prospek dari suatu layanan jasa atau produk bisa menjangkau target utama dan meningkatkan omzet.
Dikutip dari berbagai sumber, digital marketing punya banyak keunggulan dibanding promosi konvensional. Mulai dari akses yang cepat hingga budget yang relatif lebih murah.
1. Informasi cepat sampai ke konsumen
Secara kecepatan dalam menyampaikan informasi digital marketing jauh lebih unggul dibanding pemasaran konvensional. Hal ini pun tak bisa dipungkiri pergeseran masyarakat terhadap penggunaan media sosial sangat banyak. Bahkan, hampir semua masyarakat Indonesia kini tak lepas dari penggunaan media sosial.
2. Budget relatif lebih murah
Digital marketing mempunyai jangkauan yang lebih luas, dengan metode lebih mudah dan anggaran pemasaran menjadi lebih murah ketimbang metode marketing konvensional. Pemasaran lewat media digital bisa mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah saja. Bahkan kamu bisa menentukan sendiri arah target pasar yang ingin kamu tuju.
3. Jangkauan konsumen luas dan tertarget
Melalui akses internet informasi produk atau layanan jasa bisa menjangkau ke seluruh daerah. Bahkan kamu bisa menargetkan lokasi atau batas jangkauan yang diinginkan.
4. Monitoring pemasaran lebih mudah
Kapanpun dan dimanapun kamu bisa dengan mudah memonitoring dengan hanya menggunakan gadget. Apalagi data media digital yang berdasarkan algoritma memudahkan mengumpulkan data hasil promosi. Sehingga proses evaluasi sangat mudah dilakukan untuk menilai apakah strategi promosi sudah efektif atau belum.
Kelebihan dalam Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis
Digital marketing saat ini sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha. Terbukti jika kini banyak para pelaku usaha memanfaatkan digital marketing dibanding pemasaran konvensional. Terlebih, banyak orang yang yang kini gemar akan berbelanja online.
Media sosial merupakan peran penting menjadikan digital marketing lebih mudah diterapkan oleh pemilik usaha dan perusahaan-perusahaan. Mempromosikan branding produk baru dimudahkan dengan pemasaran memanfaatkan media sosial hingga situs e-commerce, dan platform lainnya.
Digital marketing wajib dikuasai saat ini. Hal itu agar prospek dari suatu layanan jasa atau produk bisa menjangkau target utama dan meningkatkan omzet.
Dikutip dari berbagai sumber, digital marketing punya banyak keunggulan dibanding promosi konvensional. Mulai dari akses yang cepat hingga budget yang relatif lebih murah.
1. Informasi cepat sampai ke konsumen
Secara kecepatan dalam menyampaikan informasi digital marketing jauh lebih unggul dibanding pemasaran konvensional. Hal ini pun tak bisa dipungkiri pergeseran masyarakat terhadap penggunaan media sosial sangat banyak. Bahkan, hampir semua masyarakat Indonesia kini tak lepas dari penggunaan media sosial.
2. Budget relatif lebih murah
Digital marketing mempunyai jangkauan yang lebih luas, dengan metode lebih mudah dan anggaran pemasaran menjadi lebih murah ketimbang metode marketing konvensional. Pemasaran lewat media digital bisa mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah saja. Bahkan kamu bisa menentukan sendiri arah target pasar yang ingin kamu tuju.
3. Jangkauan konsumen luas dan tertarget
Melalui akses internet informasi produk atau layanan jasa bisa menjangkau ke seluruh daerah. Bahkan kamu bisa menargetkan lokasi atau batas jangkauan yang diinginkan.
4. Monitoring pemasaran lebih mudah
Kapanpun dan dimanapun kamu bisa dengan mudah memonitoring dengan hanya menggunakan gadget. Apalagi data media digital yang berdasarkan algoritma memudahkan mengumpulkan data hasil promosi. Sehingga proses evaluasi sangat mudah dilakukan untuk menilai apakah strategi promosi sudah efektif atau belum.