5 Cara Agar Toko Onlinemu Mendapatkan Rating Baik dari Pembeli

Rabu, 16 Februari 2022 | 08:00 WIB

Ada beberapa tips agar toko online dapat rating bagus dari pembeli yang bisa kamu praktekkan. Simak, ulasannya berikut ini!

LINK UMKM - Performa toko online dan rating atau penilaian dari pembeli sangat berpengaruh bagi kenaikan angka penjualan online Anda.

Untuk kamu yang menggeluti bidang usaha online, mempunyai nilai dan pengaruh yang besar bagi kelangsungan usaha. Melihat banyaknya kasus yang viral belakangan ini, performa toko online menurun karena rating yang buruk dari pembeli.

Sebagai seorang penjual online, sebisa mungkin kamu mendapatkan penilaian baik dari pelanggan atas produk dan layanan yang sudah kamu berikan.

Nah, untuk itu, ada beberapa tips agar toko online dapat rating bagus dari pembeli yang bisa kamu praktekkan. Simak, ulasannya berikut ini!

1. Gunakan Foto atau Gambar Produk Asli.
Penting untuk kamu ketahui, jika foto dan produk yang asli bisa menambah nilai rating yang akan kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan video produk agar pembeli semakin tertarik dan percaya dengan kualitas produk yang kamu tawarkan. Jangan lupa untuk menuliskan deskripsi produk secara lengkap sesuai dengan kondisi produk.

2. Responsif.
Kecepatan dalam merespon chat calon pembeli bisa berdampak besar pada penilaian dan ulasan yang akan diterima penjual. Responlah secepat mungkin agar pembeli merasa terlayani. Berikan informasi kepada calon pembeli jika kamu memberlakukan jam kerja agar pembeli bisa bertanya atau komplain di jam tersebut.

3. Konfirmasi Ulang Pesanan.
Kamu bisa melakukan konfirmasi ulang kepada pembeli secara detail mulai dari kesesuaian warna, ukuran, jenis barang, harga, dan lain sebagainya jika pembeli sudah melakukan pemesanan. Ini akan meminimalisir dalam kesalahan pengiriman barang yang berakibat pada pemberian rating yang buruk.

4. Pengemasan yang Baik.
Kemasan yang baik dan rapi akan membuat pembeli merasa puas dengan pelayanan toko online Anda. Beberapa kasus yang terjadi, banyak pembeli merasa kecewa karena pengemasan yang asal-asalan. Apalagi, jika barang yang dipesan adalah barang rentan pecah. Kamu harus benar-benar memperhatikan pengemasan produk Anda ini.

5. Beri Feedback Setelah Barang Sampai.
Sebagai penjual, berikan feedback kepada pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian pada produk atau toko. Namun, jika pembeli memberikan penilaian yang tidak sesuai dengan harapan, kamu dapat mengkonfirmasi ulang kepada pembeli tentang ketidakpuasannya. Usahakan untuk menawarkan solusi seperti menukar barang, memberikan garansi, atau diskon pada pembelian selanjutnya.

RZ/MG

Komentar (0)

Copyright @ 2025 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 1.8183 seconds