7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan saat Ingin Membuka Toko Kelontong

Kamis, 10 Februari 2022 | 09:00 WIB

7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan saat Ingin Membuka Toko Kelontong

LINK UMKM - Kamu merupakan orang yang sedang mencari ide bisnis? Ada baiknya kamu membuka usaha toko kelontong. Ide usaha ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Terlebih, jika kamu membuka toko kelontong sendiri tidak memerlukan modal besar. Jika kamu tertarik membuka toko kelontong, berikut beberapa tips yang dapat diikuti.

1. Riset
Riset menjadi hal pertama yang penting dan perlu dilakukan. Kamu dapat melakukan riset mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh para pelanggan, pelayanan yang diberikan oleh kompetitor, melakukan riset terhadap lokasi, dan lain-lain. Dengan melakukan riset yang matang maka modal juga akan menjadi lebih efektif.

2. Modal
Dari hasil riset, kamu dapat menggunakan modal untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen beserta pelayanan apa yang akan diberikan.

3. Lokasi strategis
Dengan toko yang berada dilokasi strategis, orang-orang yang lewat akan melirik toko. Kemudian, jangan lupa untuk menjaga kebersihan toko. Jika toko bersih, maka juga menunjukan kualitas barang yang diberikan.

Selain itu, dengan lokasi yang strategis, maka orang-orang akan lebih mudah untuk berbelanja di toko. Hal ini terutama jika toko memiliki tempat parkir, akses yang luas, dan mudah dijangkau.

4. Memiliki gudang
Pikirkan bagaimana stok barang akan kamu simpan. Ada baiknya kamu mempunyai gudang untuk menyimpan stok tersebut. Pastikan juga untuk kamu dengan mudah melakukan pengecekan secara rutin dan memeriksa kondisi stok barang.

5. Distributor
Harga menjadi salah satu pertimbangan, mereka cenderung membeli jika toko menawarkan harga yang murah dengan produk orisinil. Oleh karena itu, jika mendapatkan distributor, hal ini dapat menjadi keuntungan.

6. Layanan
Kamu dapat menawarkan pelayanan, pengiriman setiap mingguan atas dasar perjanjian, memberikan pelayanan dan pembayaran secara online, dan lain-lain. Kamu dapat memberikan layanan secara gratis ataupun berbayar dengan memperhatikan finansial toko.

7. Mengelola keuangan
Hal ini penting untuk mengetahui keuntungan yang diperoleh, yang kemudian untuk memenuhi biaya secara personal, untuk membeli stok barang, atau untuk mengembangkan bisnis lagi. Pertimbangkan berbagai aspek agar bisnis tidak merugi.

Komentar (1)

  • Viky chandra

    20 Februari 2022 | 13:46:21 WIB

    Peluang bagus

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.137 seconds