Ragam Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Rabu, 12 Januari 2022 | 07:00 WIB

Ragam Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Menakjubkan

LINK UMKM - Cengkeh memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh diketahui mengandung energi sebesar enam kalori, karbohidrat, dan serat. Cengkeh juga mengandung vitamin C, K, E, kalsium dan magnesium.

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting tersebut, cengkeh juga kaya akan antioksidan. Beragam manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut.

1) Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagian kuncup bunga cengkeh mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kuncup tersebut akan meningkatkan jumlah sel darah putih. Selain itu, cengkeh juga bisa membersihkan tubuh dari racun berbahaya.

2) Melindungi dari Kanker

Cengkeh kaya akan antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Eugenol merupakan komponen utama yang terkandung dalam minyak cengkeh.

 Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh diketahui lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

3) Menjaga Kadar Gula Darah

Senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Selain itu, cengkeh juga dapat meningkatkan sekresi insulin dan memperbaiki fungsi sel yang memproduksi insulin. Insulin yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Komentar (3)

  • Aziz Rhomdhonie

    25 Januari 2022 | 12:54:58 WIB

    Cengkeh dibakar lebih aku suka

    2 tahun lalu

  • EDI SUTRISNO

    22 Januari 2022 | 19:24:35 WIB

    Mantaap

    2 tahun lalu

  • Deni Aristanto

    19 Januari 2022 | 14:57:26 WIB

    dengan cara apa ya kita konsumsi cengkeh..

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1557 seconds