Ide Bisnis Sampingan dari Rumah dengan Modal Minim, Generasi Z Buka!

Minggu, 16 Januari 2022 | 07:00 WIB

Ide Bisnis Sampingan dari Rumah dengan Modal Minim, Generasi Z Buka!

LINK UMKM - Generasi milenial menjadi istilah yang lagi trend untuk diperbincangkan, Namun, generasi milenial bukanlah generasi termuda yang saat ini mendominasi populasi dunia.

Masih ada generasi Z, istilah yang digunakan untuk menyebut mereka yang lahir pada tahun 1995 dan seterusnya.

Saat ini, karena banyaknya dari mereka yang memasuki dunia kerja, generasi Z mulai menjadi bahan perhatian.

Para generasi Z banyak yang tidak sadar kalau mereka mempunyai karakteristik tersendiri, yang paling terlihat dari mereka adalah semangat untuk punya bisnis sendiri yang lebih besar, dan lebih pintar dalam memanfaatkan teknologi.

Untuk kamu anak generasi Z yang ingin memulai bisnis sendiri, bisa mulai dari bisnis sampingan.

Selain menambah pengalaman, bisnis sampingan juga bisa kamu lakukan sambil meneruskan pendidikan atau sambil meneruskan pekerjaan yang mungkin sekarang sudah kamu miliki.

Apalagi bisnis sampingan bisa kamu lakukan dari rumah dan tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Kalau begitu, apa saja ya peluang bisnis sampingan dari rumah dengan modal minim yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak daftar berikut ini:

1. Jadi Content Creator
Ketika berbicara soal content creator tak selalu berhubungan menjadi youtuber, karena membuat konten tidak selalu hanya membuat video saja.

Menulis dan desain grafis sebenarnya adalah pembuat konten yang juga merupakan peluang usaha menarik untuk dilirik.

Karena memiliki keahlian menulis, mendesain, atau mengedit video, kamu bisa ciptakan unggahan dengan konten menarik yang bisa menggelitik minat orang-orang dengan memanfaatkan media sosial.

Banyak yang membuktikan kalau mereka bisa meraup uang dengan membuat konten menarik. Selain YouTuber, para influencer di Instagram atau Twitter adalah salah satunya.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper
Ide bisnis yang satu ini memang tidak asing lagi. Tapi, kamu yang ingin mencicipi tantangan berjualan bisa mengawali karirmu dengan menjadi reseller atau dropshipper karena modal yang dibutuhkan lebih sedikit.

Apalagi kalau kamu memilih jadi dropshipper, yang bisa dibilang hanya butuh modal smartphone dan koneksi internet saja sebagai modal awal untuk berjualan.

Diera keuangan digital memudahkan transaksi yang bisa dilakukan di mana saja, lewat mobile banking dan internet banking. Bikin semakin mudah dalam pengelolaan bisnis, kan!

Dengan keahlianmu menggunakan teknologi dan kemampuan berkomunikasi yang baik, kamu bisa buat toko onlinemu menarik lebih banyak pembeli!

Soalnya, perpaduan segala keahlianmu dan karaktermu sebagai generasi Z bisa memberikan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan dan memuaskan para pembeli, sehingga mereka akan lebih tertarik berbelanja di toko online-mu dibanding toko-toko lain, meskipun produk yang dijual sama.

3. Jadi Digital Marketer
Untuk ide bisnis yang satu ini, intinya mirip-mirip dengan ide nomor satu. Menjadi digital marketer berarti membuat konten yang menarik perhatian audiens agar nanti mau membeli produk yang dipasarkan.

Dan seperti yang kelihatan dari judul pekerjaannya, digital marketer akan memanfaatkan berbagai media digital untuk kegiatan pemasarannya. Mulai dari media sosial sampai website atau blog.

Apalagi tren pasar dan masyarakat di dunia yang sekarang sudah didominasi oleh para milenial membuat konten pemasaran harus mengikuti perubahan.

Sekarang, masyarakat tidak lagi ingin “dijual” oleh berbagai iklan yang ditawarkan, karena mereka ingin merasakan nilai lebih dari sekadar barang yang diterima.

Nah, dengan kreativitas dan kemampuan berkomunikasi sebagai generasi Z, kamu akan lebih bisa menyesuaikan selera dan tren pemasaran masa kini.

Komentar (3)

  • TONNY ADHI SAPTONO

    2 Februari 2022 | 07:22:33 WIB

    Saya generasi jadul jadi mengerti keinginan para pengusaha generasi Z

    2 tahun lalu

  • Aziz Rhomdhonie

    25 Januari 2022 | 12:55:36 WIB

    Semoga bisa menjadikan jalan alternatif

    2 tahun lalu

  • Lilyana Purnamasari

    16 Januari 2022 | 23:37:56 WIB

    benar sekali, untuk memasarkan sebuah produk diperlukan testimoni dari customer yang menjadi mouth to mouth promotion, viral...

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1191 seconds